Ukur Kemampuan Mengemudi Lewat Axa Drive

profile photo reporter Marketeers Editor
MarketeersEditor
02 Juli 2015
marketeers article
Kecelakaan lalu lintas di negara ini cukup tinggi angganya. Menurut Badan Pusat Statistik Indonesia, pada tahun 2013 terjadi 100.106 kecelakaan. Melihat kondisi ini, PT Asuransi Axa  meluncurkan Axa Drive, sebuah aplikasi untuk smartphone yang bisa mengukur ketrampilan pengemudi. Peluncuran in merupakan bentuk kepedulian Axa terhadap keselamatan pengemudi kendaraan bermotor.
Axa Drive bisa diunduh dari apps store di iOs dan Google Play. Aplikasi ini akan merekam dan menganalisis cara mengemudi pengendara mobil melalui tiga komponen, accelerating, braking, dan turning.  Setelah mengaktifkan aplikasi ini, pengemudi tidak perlu memantau aplikasi ini. Baru setelah sampai di tempat tujuan, pengemudi bisa mengecek berapa skor yang ia dapat.
“Dengan begitu, pengemudi tetap mengikuti aturan keamanan berlalu-lintas. Skor akhir di aplikasi ini akan menunjukkan seberapa canggih kemampuan pengemudi dalam mengontrol kendaraannya,” kata Banua Sianturi, Executive Vice President-Chief Distribution Officer PT Asuransi Axa Indonesia.
Ia menambahkan, ketiga komponen tersebut di atas sudah bisa mewakili bagaimana kemampuan mengemudi seseorang. Sebagai contoh, apakah sering mengerem mendadak atau tidak, bisa terlihat bagaimana pengemudi mengenal kondisi lalu lintas saat itu dan menguasi kendaraannya.  Pengemudi dapat meningkatkan kemampuan mengemudinya dengan terus berusaha meraih skor lebih tinggi.
Asuransi Axa adalah salah satu perusahaan asuransi umum yang memiliki produk untuk asuransi kendaraan bermotor. Selain itu, ada asuransi perjalanan, kecelakaan diri, properti, kargo, dan lainnya.  Komposisi portofolio polisnya, 40% di segmen komersil, 30% di segmen ritel, dan sisanya untuk asuransi kesehatan. 

Related