Consumer Goods

Unilever Indonesia Dorong Perwujudan SDGs

Sumber: Unilever

Perencanaan Sustainibity Development Goals (SDGs) terus didorong untuk diwujudkan. Hal ini menyusul kondisi bisnis yang semakin menantang, terutama menyangkut keberlanjutan lingkungan alam dan sosial. Bersamaan dengan perayaan hari jadi Unilever Indonesia Foundation yang ke-20, UIF menggelar rangkaian webinar Sustainability Day: Kolaborasi dan Aksi untuk Masa Depan Berkelanjutan pada 23-24 November 2020.

Amalia Adininggar Widyasanti, Plt. Deputi Bidang Ekonomi/Staf Ahli Menteri Bidang Sinergi Ekonomi Pembiayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI mengatakan bahwa sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024, pembangunan berkelanjutan menjadi fokus arah untuk meningkatkan kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat.

“Pembangunan berkelanjutan ini memperhatikan kualitas lingkungan hidup dan mendorong pembangunan inklusif dengan pelaksanaan tata kelola yang baik. Untuk mewujudkan rencana ini tentu membutuhkan kolaborasi multi sektor pemerindah dan swasta, dengan demikian kualitas hidup generasi kini dan masa depan akan terjamin,” kata Amalia.

Rencana ini diamini oleh Ira Noviarti, Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk. Melalui klaimnya, Unilever memiliki komitmen untuk mendorong pencapaian SDGs di Indonesia melalui penerapan bisnis yang berkelanjutan.

“Prinsip ini diterapkan di seluruh rantai nilai Unilever, mulai dari supply chain yang berkelanjutan dan bertanggung jawab hingga pasca penggunaan produk oleh konsumen kami,” tambahnya.

Hal ini diperkuat dengan strategi Unilever Sustainable Living Plan (USLP) pada tahun 2010 lalu. Rencana ini memiliki tiga tujuan utama berupa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, mengurangi jejak penggunaan produk Unilever di lingkungan, hingga meningkatkan penghidupan juataan orangi. Ira mengungkapkan kini strategi tersebut sudah memperlihatkah hasil baik dari sisi bisnis maupun efek terhadap konsumen.

“Keberhasilan 10 tahun penerapan USLP di Indonesia mendorong kami untuk terus melanjutkan bisnis berprinsip bekelanjutan ini. Hal ini didorong dengan tumbuhnya kepercayaan kami bahwa brand dengan tujuan baik akan tumbuh, perusahaan dengan tujuan baik akan bertahan, dan individu dengan tujuan baik akan berkembang,” kata Ira.

Untuk melanjutkan bisnis berkelanjutannya, Unilever Indonesia melalui UIF merancang tiga tujuan utama. Yaitu Indonesia Sehat, Indonesia Sejahtera, dan, Indonesia Hijau.

Sejauh ini Unilever Indonesia terlah mendorong peningkatan kualitas kesehatan secara berkelanjutan dengan menjangkau 100 juta masyarakat dalam penanaman PHBS. Perusahaan ini juga telah membina 4.000 unit bank sampah di 18 kota, termasuk mengembangkan adaptasi digital pada sistem bank sampah. Hasilnya, Unilever berhasil mengurangi 12 ton sampah anorganik di Indonesia.

“Kami menyadari skala Unilever yang besar dengan konsumen yang tersebar di seluruh Indonesia. Unilever memiliki kesempatan besar untuk membantu menciptakan masa depan yang lebih baik. Untuk itu, aksi nyata ini akan terus didorong untuk terjadi dengan memulainya dari keluarga sebelum terjadi di masyarakat luas,” tutup Ira.

MARKETEERS X








To Top