Upaya Experiential Marketing HPM dalam Ajang HRSC Edisi Ketiga

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
02 Agustus 2022
marketeers article
Suasana usai konferensi pers HPM terkait HRSC edisi ketiga. (FOTO: Medikantyo Adhikresna/Marketeers)
PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar ajang perlombaan balap virtual Honda Racing Simulator Championship (HRSC) yang memasuki edisi ketiga pada tahun 2022 ini. Pemegang merek kendaraan Honda di Indonesia tersebut mengajak konsumen merasakan pengalaman bersaing di sejumlah sirkuit, melalui platform simulator dalam game Rfactor 2.
Momentum ajang balap virtual HRSC edisi ketiga ini, turut membuka peluang HPM menerapkan strategi experiential marketing kepada pelanggan setianya. Peserta yang mengikuti perlombaan ini dapat memilih memakai tiga mobil keluaran Honda yang sudah dirancang dengan spesifikasi balap, secara virtual. Ketiga model kendaraan itu yakni New Honda Civic Type R, Honda City Hatchback RS, dan Honda Brio RS Urbanite.
“Tiga model kendaraan itu kami rasa cocok untuk dirasakan langsung oleh pelanggan sebagai mobil balap di sirkuit dalam simulator kali ini. Kami tidak menutup kemungkinan pula bahwa data maupun insight dari kegiatan balap virtual ini yang dapat digunakan dalam pengembangan produk di masa mendatang,” kata Yulian Karfili, PR & Digital Strategy Senior Manager HPM, usai konferensi pers pada Senin (1/8/2022) kepada Marketeers.
Upaya membangun experiential marketing oleh HPM dalam gelaran HRSC edisi ketiga, disebut Arfi, turut dibangun demi melekatkan citra balap pada merek Honda. Bahkan sejak penyelenggaraan awal pada tahun 2020, ajang perlombaan virtual HRSC mampu menarik animo besar para pehobi balap. Catatan itu terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar dan mengikuti tahapan kualifikasi.
Dalam edisi ketiganya, HPM bahkan membuka pendaftaran untuk pehobi ajang balap virtual dari mancanegara selain peserta dari Tanah Air. Harapannya, kesempatan ini dapat digunakan oleh pebalap simulator asal Indonesia untuk bersaing dan unjuk kemampuan dengan peserta dari negara lain. Selain tentunya menambah keseruan gelaran yang menawarkan hadiah total senilai lebih dari Rp 100 juta.
Bentuk strategi experiential marketing dari HPM melalui edisi ketiga ajang HRSC ini, juga menambah deretan kegiatan dalam payung Honda Racing. Selain ajang balap virtual, HPM juga mempunyai kegiatan berupa kejuaraan Brio Slalom Challenge 2022 yang masih berlangsung. Namun, seperti namanya, kegiatan balap slalom untuk peserta profesional maupun amatir tersebut hanya diperuntukkan bagi peserta yang memiliki kendaraan berupa Honda Brio.
Edisi ketiga HRSC sendiri akan memulai seri pertama pada 27 Agustus 2022 mendatang dengan memakai Sirkuit Zandvoort (National), Belanda sebagai latarnya. Setiap seri perlombaan HRSC 2022 akan memberi poin kepada 15 peserta teratas, hingga putaran terakhir yang mengambil latar di Sirkuit Suzuka, Jepang pada 26 November 2022.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related