Government & Public Services

Upaya Kominfo Gaet Mitra Dukung Inklusi Digital di Wilayah 3T

Sumber: 123RF

Internet semakin tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Dengan koneksi internet, kita dapat mengakses segala informasi dengan mudah. Sayangnya, tidak semua masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk dapat mengakses internet.

Seiring dengan pernyataan tersebut, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo memiliki beberapa program untuk memastikan ketersediaan sinyal internet bagi seluruh masyarakat, khususnya di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Program tersebut meliputi Program Bulan Diskon Layanan Palapa Ring BAKTI, Kerjasama Operasional, dan Program Kerjasama BUMDES.

Program Bulan Diskon adalah pemberian diskon yang akan diberikan Bakti kepada penyelenggara jaringan yang berinvestasi di Palapa Ring. Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur untuk memberikan akses telekomunikasi dan informasi kepada masyarakat di wilayah 3T.

Program promosi Palapa Ring ini dibuat untuk menstimulasi para penyelenggara jaringan untuk berinvestasi dan membangun konektivitas yang lebih baik di daerah 3T. Selain itu, program ini juga dibuat untuk meningkatkan pemanfaatan utilitas kapasitas dari Palapa Ring.

Selain itu, program Kerja Sama Operasional juga diterapkan untuk memastikan masyarakat di wilayah 3T mendapatkan layanan yang berkualitas. Tahapan KSO sendiri harus dilaksanakan secara akuntabel, tarnsparan, teratur, dan terencana dengan baik.

“KSO bisa menjadi salah satu solusi untuk BAKTI dengan mitra. Pemerintah tidak bisa melaksanakan program ini sendiri. Kami butuh dukungan ekosistem digital. Maka dari itu, kami sangat terbuka dengan KSO ini,” jelas Ade Dimijayanti Sirat, Kepala Devisi Layanan Telekomunikasi dan Informasi Badan Usaha 1 di acara Jakarta Marketing Week (JMW) 2021.

Selanjutnya, BAKTI juga bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam rangka pembangunan sarana TIK di desa yg dinaungi oleh Bumdes. Program ini menerapkan prinsip gotong royong dengan bekerjasama dengan berbagai stakeholder untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di desa, khususnya dalam ketersediaan konektivitas internet.

“BAKTI dengan bekerja sama dengan Pemda, kementrian dan lembaga, ISP partner serta Bumdes diharapkan dapat menyediakan konektivitas internet yang cepat dan stabil di wilayah 3T, sehingga terbangunnya ekosistem digital di desa untuk mendorong tumbuhnya ekonomi digital yang kuat dan mensejahterakan masyarakat,” tutur Buntoro Prayudi, Kepala Divisi Layanan Telekomunikasi dan Infromasi Badan Usaha II.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top