Consumer Goods

Upaya Mowilex Bangun Bisnis Cat Berkelanjutan di Indonesia

Mowilex
Mowilex

Produsen cat dan lapisan Mowilex terus memperkuat daya saing dan membangun bisnis berkelanjutan di Indonesia. Setelah meluncurkan cat berbahan dasar air pada tahun 1970 silam, kini Mowilex kembali melakukan inisiatif untuk memberhentikan produksi cat yang mengandung timbal di atas 90 ppm pada produk cat kayu dan besi tahun 2019. Sebagai gantinya, Mowilex menghadirkan cat yang lebih ramah lingkungan dengan bahan pewarna organik.

“Bahan alternatif pengganti timbal untuk cat pelapis kayu dan besi lebih mahal, namun mengikuti batas aman untuk pelanggan adalah prioritas Mowilex sehingga kami memilih untuk mengembangkan formula baru yang sesuai dengan ambang batas aman (yaitu di bawah 90 ppm) tanpa memengaruhi kinerja dan kualitas produk,” ujar Direktur dan Kepala Riset dan Pengembangan Produk Mowilex Novina Tjahjadi.

Penghentian produksi cat dengan kandungan timbal di atas 90 ppm bukan tanpa alasan. Pasalnya, cat yang memiliki kandungan timbal tinggi bisa sangat merugikan manusia. Timbal yang sejatinya merupakan logam beracun dapat menyebabkan gangguan pada tubuh manusia hingga saraf. Dari data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan timbal menelan kerugian hingga US$ 977 miliar atau setara dengan Rp 14.090 triliun (kurs Rp 14.422) setiap tahunnya.

“Paparan timbal merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama. Mowilex telah menginvestasikan waktu dan sumber daya yang signifikan untuk mengatasi bahaya tersebut,” ucap Niko Safavi, Presiden Direktur Mowilex.

Dengan adanya inisiatif ini, Mowilex turut menyediakan solusi bagi toko atau distributor yang masih menjual atau menyimpan cat yang diproduksi sebelum tahun 2019. Bagi toko atau distributor yang masih memiliki produk Mowiex Cat Kayu dan Besi formula lama bisa menukarkan dengan cat produksi terbaru secara gratis melalui situs https://mowilexpastiaman.mowilex.com.

“Mowilex ingin melakukan sesuatu yang lebih untuk melindungi konsumen. Kami bangga melakukan inisiatif ini untuk menukarkan Mowilex Cat Kayu & Besi produksi di bawah tahun 2019 dan menggantinya dengan Mowilex Cat Kayu & Besi formula terbaru yang lebih aman kepada mitra toko dan distributor,” imbuh Niko.

MARKETEERS X








To Top