Upaya Perluas Layanan Inovatif, TikTok Lakukan Uji Coba Game HTML5

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
29 Juli 2022
marketeers article
Upaya Perluas Layanan Inovatif, TikTok Lakukan Uji Coba Game HTML5 (Foto: pexels.com)
Merangkap jadi platform hiburan dan social commerce, TikTok kini ingin membidik penggunanya yang hobi bermain game melalui rencana peluncuran beberapa mini-games baru berbasis HTML5. Telah menggandeng beberapa developer seperti Vodoo, Nitro Games, FRVR, Aim Lab, dan Lotem, mini-games yang akan diluncurkan dapat dimainkan dalam aplikasi dan ditemukan dari konten video kreator konten.
Langkah ini menjadi salah satu strategi TikTok dalam mengintegrasi platformnya pada segmen game HTML5. Melihat game seperti Disco Loco 3D sukses menggaet pemain dari pengguna TikTok, perluasan fitur hiburan ini dianggap cocok untuk menambah nilai platform tersebut.
Daftar mini-games baru dapat ditemukan di dalam aplikasi TikTok saat mengunggah video ke platform. Pada layar terakhir sebelum dipublikasikan, kreator konten dapat menambahkan tagar, deskripsi, lokasi, dan lainnya, serta secara opsional menambahkan tautan ke konten lain.
Sebelumnya, dengan cara menyentuh tombol “Add Link”, maka pengguna dapat menambahkan tautan ke berbagai pengalaman lain melalui TikTok Jump, alat integrasi pihak ketiga yang ada di dalam aplikasi TikTok. Kreator dapat menautkan ke konten di aplikasi lain, seperti Whisk, BuzzFeed dan Quizlet, Breathwork, Rotten Tomato, dan banyak lagi. 
Kini, ketika kreator konten mempublikasikan tautan ke salah satu game baru yang tersedia, tautan tersebut muncul sebagai jangkar di atas nama pengguna mereka pada video yang dihasilkan. Dari sana, pengguna dapat mengeklik ke permainan saat mereka menemukan video tersebut.
Saat diluncurkan, judul game HTML5 mencakup game Basketball FRVR (FRVR), Tap the Difference (Lotem), Peek a Who (Nitro), Pride Run (Voodoo), Influencer Run (Voodoo), Space Destroyer (Nitro), dan Mr. Aim Lab’s Nightmare (Aims Labs). TikTok belum secara resmi mengumumkan tanggal perilisan percontohan game mobile-nya. Namun, upaya tersebut mulai diuji di berbagai pasar global beberapa minggu yang lalu.
“Kami selalu mencari cara untuk memperkaya platform kami dan secara teratur menguji fitur dan integrasi baru yang membawa nilai bagi komunitas kami. Saat ini, kami sedang menjajaki menghadirkan game HTML5 ke TikTok melalui integrasi dengan pengembang dan studio game pihak ketiga,” ujar juru bicara TikTok dikutip dari TechCrunch. 
Editor: Ranto Rajagukguk

Related