Digital

Upaya Shopee Bangun Loyalitas Pelanggan

Sumber: Shopee

Dalam marketing, menjaga loyalitas pelanggan tidak hanya dipandang sebagai kebutuhan, tapi keharusan bagi merek. Pelanggan loyal merupakan pelanggan yang akan terus membeli atau menggunakan produk dan jasa, sehingga merupakan sumber pendapatan pasti yang harus dipertahankan. Loyalitas pelanggan juga bisa menjadi strategi marketing untuk menarik lebih banyak pelanggan dari sikap advokasi yang mereka lakukan.

Potensi inilah yang dilihat Shopee saat memutuskan untuk menghadirkan program loyalitas. Shopee melihat kecenderungan penggunaan ulang yang cukup tinggi bagi para penggunanya. Program loyalitas yang dinamai Shopee Loyalty juga menjadi cara e-commerce asal Singapura ini untuk merayakan Hari Hak Konsumen Sedunia yang jatuh pada 20 April 2021 mendatang. Bersamaan dengan momentum ini, Shopee juga memanfaatkannya dengan meluncurkan kampanye Shopee 4.4 Mega Shopping Day bersama Kementerian Perdagangan RI.

“Selama beroperasi di Indonesia, Shopee tidak lepas dari dukungan, antusiasme, hingga kritik dan saran dari pengguna. Sebelumnya, kami mengapresiasi pengguna lewat rangkaian kampanye bulanan. Kini, apresiasi tersebut hadir lebih eksklusif,” ujar Handhika Jahja, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia.

Melalui Shopee Loyalty, e-commerce ini menargetkan lebih banyak pengguna yang berbelanja ulang lewat platform Shopee. Fitur ini bekerja dengan memberikan voucer eksklusif, hadiah, dan promo berbeda setiap bulannya sesuai dengan tingkat member yang dimiliki.

Shopee membagi tingkat membership menjadi tiga, yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Shopee sebelumnya sudah menerapkan tingkatan pengguna ini sebagai identitas dan tingkat promo yang diberikan. Namun, dengan ditingkatkannya tingkatan ini menjasi membership, Shopee mengklaim akan mendapatkan keuntungan yang lebih eksklusif sesuai dengan tingkatan yang didapatkan dari jumlah transaksi yang dilakukan di Shopee.

Aksi Shopee disambut positif oleh Kementerian Perdagangan RI. Ivan Fithriyanto, Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag mengatakan tingkat pembelanjaan di e-commerce terus meningkat. Jumlah pelaku usaha yang mulai menggunakan e-commerce untuk berjualan juga semakin banyak. Adanya program loyalitas dapat mendorong pembelanjaan yang lebih tinggi dan mendukung perkembangan UKM di kanal digital.

“Kemendag memiliki misi membangun iklim yang seimbang bagi industri perdagangan. Apresiasi pelanggan melalui program loyalitas juga bisa menjadi cara untuk mengedukasi konsumen mengenai hak dan kewajibannya. Dengan begitu, konsumen Indonesia bisa menjadi subjek penentu kegiatan ekonomi sekaligus menjadi konsumen cerdas,” kata Ivan.

Bersamaan dengan momentum ini, Shopee 4.4 Mega Shopping Day juga menghadirkan strategi promosi baru. Shopee dengan berani akan menghadirkan program Serba Seribu. Sejumlah koleksi akan dihargai Rp 1.000 selama periode kampanye 4.4 Mega Shopping Day.

“Di momentum ini, kami masih akan melakukan strategi gratis ongkos kirim dan berbagai diskon. Yang pasti, program loyalitas kami akan memberikan lebih banyak keuntungan untuk para pengguna,” tutup Handhika.

MARKETEERS X








To Top