Video TikTok yang Terlewat Kini Bisa Dicari dengan Fitur “Watch History”

profile photo reporter Afra Hanin
AfraHanin
29 Maret 2022
marketeers article
watch history
Terus berkembang, TikTok dikabarkan tengah menguji fitur “Watch History” kepada beberapa pengguna terpilih. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk kembali menemukan video yang telah muncul di laman For You Page (FYP), yang tidak sempat disimpan. Percobaan ini belum disebarkan ke masyarakat luas. Perwakilan TikTok kepada TechCrunch menyatakan bahwa fitur tersebut masih dalam tahap pengujian dan belum bisa prosesnya belum bisa dibagikan lebih lanjut.
Fitur baru Watch History ini hadir karena TikTok menemukan masalah yang umum dirasakan oleh pengguna. Aliran konten di TikTok yang terus berjalan membuat pengguna melewatkan video yang tadinya mereka ingin simpan atau sukai.
“Kami selalu memikirkan cara-cara baru untuk memberikan nilai bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman TikTok,” kata juru bicara TikTok mengenai uji coba fitur Watch History yang akan datang di seluruh perangkat pengguna.
Fitur ini pertama kali diungkapkan oleh Hammod Oh, pengguna Twitter yang sering mengungkapkan kepada publik mengenai fitur apa saja yang tengah diuji coba oleh platform media sosial. Unggahan Hammod Oh menunjukkan bahwa kini riwayat tontonan pengguna aplikasi TikTok dapat diakses melalui pengaturan aplikasi.
Tes ini dilakukan karena beberapa pengguna TikTok telah menemukan solusi untuk membantu menemukan video yang hilang. Awal tahun ini, pengguna TikTok “rachforaday” memposting video yang memandu pengguna melalui proses mengungkap video yang hilang di platform.
Video tersebut menginstruksikan pengguna untuk membuka halaman Temukan, klik cari, masukkan tanda bintang, buka tab filter pencarian dan alihkan tombol “video yang ditonton”. Setelah mengklik terapkan, pengguna akan mendapatkan daftar video yang telah dilihat dalam tujuh hari terakhir. Sejak itu, video tersebut mendapatkan daya tarik yang luar biasa dan telah dilihat lebih dari 32 juta kali dan memiliki lebih dari 5,5 juta suka.
Metode ini bukan satu-satunya cara pengguna menemukan video TikTok yang terlewat. Solusi lain memandu pengguna melalui proses mengunduh seluruh data mereka dari aplikasi untuk mengakses file zip yang menunjukkan “riwayat penelusuran video” mereka. Maka dari itu, fitur Watch History yang tengah dikembangkan TikTok akan membuat proses menemukan video yang hilang jauh lebih sederhana.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related