Volkswagen Yakin Model Kombi Listrik Bangkitkan Antusiasme Konsumen

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
27 Januari 2022
marketeers article
Martin Meiners
Volkswagen menyampaikan optimisme terhadap antusiasme calon konsumen terhadap kehadiran model ID. Buzz alias Kombi versi mobil listrik di masa depan.  Peluncuran versi modern dari kendaraan minibus ikonik buatan mereka dirumorkan berlangsung pada 9 Maret nanti, dan Volkswagen sudah mulai mempersiapkan model tersebut sebagai pijakan penting dalam mengenalkan platform kendaraan elektrifikasinya.
Ralf Brandstatter sebagai CEO Volkswagen menyebut pengem,bangan model Kombi listrik atau ID. Buzz sebagai pijakan penting bagi perusahannya. Selain itu model mobil listrik ID.Buzz akan menyandang status sebagai wajah terdepan bagi platform pengembangan mobil listrik modular electric drive matrixI atau secara populer disingkat sebagai MEB.
“Kendaraan Kombi llistrik ini menjadi model yang paling emosional bagi Volkswagen dari lini kendaraan elektrifikasi yang ada. Nantinya, model ID. Buzz akan memegang peran krusial bagi Volkswagen untuk mengembangkan diri sebagai jenama paling diinginkan terkait mobilitas berkelanjutan,” kata Ralf dalam sebuah wawancara dengan laman Autocar.
Konsep awal regenerasi Volkswagen Kombi sebagai mobil listrik muncul setelah konsep ID. Buzz resmi diperkenalkan pada 2017, hingga membutuhkan lima tahun sebelum siap diproduksi. Versi saat itu menawarkan optimalisasi ruang kabin, dengan mempertahankan tampilan minimalis pada bagian depan kendaraan seperti pendahulunya.
Model Kombi listrik ini juga mempunyai ukuran terbesar dalam lini kendaraan listrik keluaran Volkswagen, sekaligus yang pertama ditawarkan untuk kendaraan penumpang dan niaga. Platform MEB sebelumnya sudah digunakan untuk merakit sejumlah model kendaraan elektrifikasi Volkswagen seperti hatchback ID 3, ID 4, maupun model sport utility vehicle (SUV) ID 5.
Diperkirakan model Volkswagen Kombil listrik ini akan menggunakan skema paket baterai serta model penggerak (roda belakang maupun four-wheel-drive), seperti lini mobil listrik platform MEB lainnya. Fasilitas produksi Volkswagen di Hannover, Jerman akan menjadi lokasi utama perakitan kendaraan, walaupun disebut akan dipasarkan hingga ke Amerika Serikat.
Seperti dilansir dari laman Autocar, konsep penggerak four-wheel-drive yang akan dipakai pada model Volkswagen Kombi listrik ID. Buzz mempunyai keluaran tenaga hingga 369 hp. Namun, terbuka kemungkinan model produksi massalnya hanya mampu mencatatkan keluaran tenaga hingga 295 hp seperti spesifikasi model lainnya yakni ID 4.
Melalui akun media sosial resminya, Volkswagen menyebut akan memberi kesempatan kepada sejumlah media untuk menjajal Kombi listrik tersebut. Ajang uji kendara model kendaraan elektrifikasi ID. Buzz itu akan berlangsung di Barcelona, Spanyol pada pekan ketiga Januari 2022 ini.
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related