Volvo Uji Coba Isi Daya Baterai Mobil Listrik Secara Nirkabel

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
07 Maret 2022
marketeers article
Volvo menyampaikan rencana uji coba pengisian daya baterai mobil listrik mereka secara nirkabel dalam lingkungan perkotaan. Produsen mobil asal Swedia itu mempunyai rencana menerapkan teknologi pengisian daya nirkabel tersebut dalam waktu mendatang.
Pengujian isi daya secara nirkabel itu dilakukan, bersamaan dengan penggunaan unit mobil listrik Volvo XC40 Recharge oleh perusahaan taksi asal Swedia, Cabonline. Dalam kurun waktu tiga tahun mendatang, Volvo dan Cabonline akan mengembangkan dan memakai fasilitas pengisian daya mobil listrik di kota Gothenburg.
Volvo menyebut uji coba isi daya mobil listrik secara nirkabel itu sebagai bagian dari rencana strategis bertajuk Gothenburg Green City Zone. Berdasarkan rancangan tersebut, sejumlah wilayah dalam kota Gothenburg digunakan sebagai sarana pengembangan teknologi berkelanjutan secara nyata.
“Kota ini memungkinkan kami menjajal teknologi baru dalam situasi lingkungan sesungguhnya, dan melakukan evaluasi untuk digunakan secara luas. Uji coba teknologi pengisian daya secara nirkabel bersama mitra tepercaya kami, sekaligus jadi cara mencari solusi opsi pengisian daya bagi model mobil listrik kami di masa depan,” kata Mats Moberg, Head of Research and Development Volvo Cars, dalam keterangan resminya.
Stasiun pengisian daya mobil listrik nirkabel dalam pengujian ini akan dibangun bersama Momentum Dynamics. Proses pengisian tenaga dalam paket baterai mobil akan langsung berjalan, ketika model kendaraan tertentu terparkir pada area bantalan yang terpasang pada permukaan jalan.
Volvo menambahkan proses pengisian kendaraan listrik secara nirkabel ini menambah kenyamanan kepada penggunanya. Karena dalam prosesnya, pengemudi maupun penumpang mobil tersebut tidak perlu turun dan keluar dari kabin sampai selesai.
Daya dari bantalan khusus pada stasiun pengisian mobil listrik nirkabel itu, akan menghantarkan daya menuju unit penerima pada mobil listrik Volvo. Agar dapat mengarahkan kendaraan menuju posisi tepat untuk mulai pengisian daya, kendaraan listrik buatan Volvo memiliki fitur pendukung pengendara berupa kamera 360 derajat.
Untuk menyesuaikan model Volvo XC40 Recharge, fasilitas pengisian daya nirkabel akan dirancang dengan kapasitas 40 kW. Penyesuaian kapasitas itu membuat pengisian daya mobil listrik diperkirakan berjalan empat kali lebih cepat, dibanding fasilitas penambah daya jenis AC dengan kabel berkapasitas 11 kW.
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related