Lifestyle

Walau Virtual, Jakarta Fashion Week 2021 Tetap Sukses

Sumber: JFW

Meskipun pandemi masih melanda dan memberikan dampak besar terhadap pergerakan industri fesyen, pelaku industri ini tidak serta merta menyerah. Di tengah pandemi, industri fesyen tetap berakselerasi. Mengupayakan adaptasi agar tetap bisa berjalan, memberikan ide, dan menghidupkan kreativitas.

Gelaran Jakarta Fashion Week 2021 pun melakukan hal yang sama. Gelaran mode yang diklaim terbesar di Indonesia ini turut beradaptasi dengan menggelar event-nya secara hybrid untuk pertama kali. JFW diselenggarakan secara digital melalui aplikasi Jakarta Fashion Week, Instagram Live dan YouTube.

JFW 2021 menampilkan 90 konten spesial backstage moments, behind the scenes, wawancara dengan desainer, dan beauty tips melalui kanal JFW.TV. Tahun ini, JFW diramaikan oleh 60 desainer dan label fashion yang memproduksi gelaran ini langsung di Senayan City secara langsung saat acara.

Selama gelaran JFW 2021 pada 26-29 November 2020, gelaran ini mencatat total views sebesar 10,7 juta di berbagai platform. Svida Alisjahbana, CEO CGM Group mengumumkan dari aplikasi TikTok saja, event-nya telah ditonton hingga 502,9 ribu kali. Tagar #TikTokRunwayJFW bahkan menghasilkan 10,5 juta views.

“Tahun ini, JFW 2021 menghadirkan 16 fashion show yang menampilkan 768 looks mode tahun 2021 untuk berbagai okasi dan kepentingan. JFW 2021 juga menjadi fashion show Indonesia pertama yang disiarkan langsung melalui TikTok,” ungkap Svida.

Lebih lanjut, gelaran JFW 2021 secara virtual justru menjadi catatan cemerlang untuk memperluas dampak fesyen Indonesia ke kancah dunia. Siaran virtual ini tidak hanya bisa ditonton di Indonesia, tapi juga oleh pecinta fesyen di seluruh dunia.

“Kami juga berkolaborasi dengan berbagai platform digital baik e-commerce atau layanan streaming. Contohnya adalah kolaborasi dengan LazLive yang menampilkan fashion show bertajuk Style Space: The Show of Hearts. Kolaborasi ini menayangkan sembilan runway show secara live dan mendapatkan total 460.000 views. Sementara itu kolaborasi dengan Vidio tercatat menghasilkan 346.700 plays,” tutupnya.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

Most Popular








To Top