WhatsApp Hadirkan Opsi Transfer Data dari Android ke iPhone

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
15 Juni 2022
marketeers article
Sumber: WhatsApp
WhatsApp telah menambahkan opsi bagi pengguna yang ingin mentransfer data dari gawai Android ke iPhone. Melalui fitur baru ini, pengguna dapat memindahkan riwayat obrolan percakapan, foto, video, bahkan pesan suara.
Fitur transfer data WhatsApp ini diluncurkan dalam versi beta, namun baru dapat menjangkau semua pengguna setelah sekitar seminggu. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk yang ingin memindahkan dari iPhone ke Android, bukan sebaliknya.
Mark Zuckerberg, CEO Meta, menyatakan bahwa ini adalah fitur yang paling banyak diminta karena sebelumnya hanya dapat digunakan bagi pengguna iPhone. Perluasan kemampuan ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan transfer data yang aman.
“Kami menambahkan ke WhatsApp kemampuan untuk beralih antarponsel dengan aman dan mentransfer riwayat obrolan, foto, video, dan pesan suara Anda antara Android dan iPhone sambil mempertahankan enkripsi ujung ke ujung,” ujar Zuckerberg dikutip dari TechCrunch.
Saat digunakan, proses transfer hanya berfungsi di iPhone baru atau dengan pengaturan ulang pabrik. Pengguna juga sudah harus menjalankan Android 5 atau lebih tinggi di gawai Android mereka dan iOS 15.5 pada iPhone.
Untuk memulai, pengguna perlu mengunduh aplikasi Move to iOS di ponsel Android dan ikuti petunjuk di layar. Setelah mengikuti petunjuknya, sebuah kode akan ditampilkan di iPhone. Pengguna akan diminta untuk memasukkan kode di ponsel Android-nya.
Kemudian, pengguna dapat ketuk “Lanjutkan” dan ikuti petunjuk di layar. Selanjutnya, terdapat pilihan “WhatsApp” pada layer dan “Transfer Data”. Proses transfer akan dimulai jika sudah mengetuk “Mulai” di ponsel Android. WhatsApp akan menyiapkan data pengguna yang ingin diekspor dan setelah siap, pengguna akan keluar dari aplikasi di ponsel Android.
Perusahaan menjelaskan bahwa data yang dipindah tidak masuk dalam penyimpanan cloud kecuali pengguna membuat cadangan iCloud. Selain itu, Android akan selalu memiliki data yang ditransfer kecuali penggunga menghapus aplikasi WhatsApp atau data di dalam ponselnya.
Meskipun masih dibantu dengan aplikasi, fitur ini sangat membantu mengatasi masalah WhatsApp yang sudah berlangsung lama. Kini mudah untuk mentransfer obrolan dari satu perangkat iOS ke perangkat lain atau dari satu perangkat Android ke perangkat lainnya secara aman.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related