WIR Group Catat Kinerja Positif di 2023, Jajaki Pasar Global

marketeers article
RUPST WIR Group. (Sumber: Dok. WIR Group)

PT WIR ASIA Tbk (WIR Group) mencatat kinerja yang positif sepanjang tahun 2023. Capaian ini terlihat dari peningkatan laba bersih hingga adanya potensi ekspansi ke pasar global.

Sepanjang tahun 2023, WIR Group menorehkan peningkatan laba bersih sebesar 42% dari periode tahun sebelumnya. Pendapatan tahun buku juga tumbuh sebanyak 47% yang mayoritas dikontribusikan pada segmen pendapatan dari solusi platform digital.

WIR Group menjaga momentum pertumbuhan secara finansial juga direfleksikan dalam hasil kinerja keuangan dan operasionalnya untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mencatat pertumbuhan yang sehat atas pendapatannya yang meningkat sebesar 8% dari kuartal pertama tahun sebelumnya.

Laba bersih perseroan juga mengalami pertumbuhan sebesar 11% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan itu diatribusikan pada efisiensi beban operasional serta pertumbuhan pendapatan perseroan yang berkelanjutan dan berkesinambungan dengan tetap konsisten dalam menjaga profitabilitasnya.

BACA JUGA Kinerja Q1 Meningkat, Laba Bersih WIR Group Capai Rp 28,9 Miliar

Michael Budi, Direktur Utama WIR Group menjelaskan peningkatan pendapatan tersebut diiringi oleh lompatan EBITDA dan laba bersih.

“Segmen pendapatan dari solusi platform digital merupakan kontributor utama pendapatan. Solusi platform digital merupakan unit bisnis Perseroan yang memiliki dan mengembangkan platform digital berbasis AR,VR, dan AI yang memiliki skalabilitas yang tinggi dan potensi aplikasi yang luas pada berbagai macam lini industri,” kata Michael Budi dalam sesi RUPST.

Pada tahun 2023, WIR Group juga mencatat ekspansi di pasar global setelah bertemu dengan Presiden Filipina, Ferdinan Marcos Jr. untuk implementasi ekosistem teknologi perseroan. Anak usaha WIR Group, AR&Co juga berkesempatan menghadirkan teknologi interaktif dan imersif untuk acara Allianz Asia Pacific Summit di Bangkok dan SPORTEC 2023 di Jepang.

Di dalam negeri, WIR Group juga menghadirkan berbagai solusi inovatif, seperti Nusameta Creator Tools, sarana bagi pembuat konten untuk menciptakan pengalaman dan interaksi yang intens dalam ekosistem virtual Nusameta.

Anak usaha lainnya, Mindstores, memperkaya pengalaman berbelanja dengan Application Programming Interfaces (API) yang mampu mengintegrasikan jaringan retail ke aplikasi-aplikasi pihak ketiga dengan cepat.

BACA JUGA 4 Tips Untuk UKM Dalam Berwirausaha

Dalam kesempatan yang sama, WIR juga mengumumkan adanya perubahan manajemen yang diyakini dapat membawa perspektif baru dan visi strategis untuk masa depan perseroan. Posisi Direktur Utama saat ini dijabat oleh Stephen Budiman Ng, menggantikan Michael Budi yang beralih tugas menjadi Komisaris Perseroan. 

Selain itu, terdapat alih tugas Jimmy Halim yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur menjadi Komisaris, dan juga terdapat perubahan komposisi Komisaris Perseroan. Manajemen baru diyakini dapat membawa ide-ide baru yang adaptif, pendekatan inovatif, dan mampu meningkatkan efisiensi operasional dan responsivitas terhadap pasar.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related