Automotive

Xpander Jadi Kontributor Utama Penjualan Mitsubishi Global dan Indonesia

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berhasil mencatatkan pertumbuhan penjualan di bulan Juli 2021. Pada bulan tersebut, penjualan Mitsubishi Indonesia mencapai 9.122 unit atau meningkat 4,8% dibanding bulan Juni. Dengan begitu, pada bulan Juli pangsa pasar MMKSI mencapai 15,4%.

Seperti bulan-bulan sebelumnya, kontributor terbesar dari MMKSI adalah Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross. Kedua model tersebut menjadi pemimpin pasar bulan Juli di segmen small multipurpose vehicle (MPV) dengan pangsa pasar lebih dari 37% dengan angka penjualan 4.569 unit

“Model Xpander termasuk Xpander Cross terus memperkuat posisi sebagai model favorit konsumen yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen Indonesia. Penerimaan pasar yang tetap baik terhadap model ini dibuktikan dengan peningkatan penjualan dan pangsa pasar di segmennya,” kata Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Berkat penjualan model Xpander dan Xpander Cross ini, Mitsubishi Indonesia menjadi kontributor terbesar pada penjualan MMC Global. Penjualan Xpander, termasuk Xpander Cross, di Indonesia menempati posisi pertama dan berkontribusi sebesar 54% untuk penjualan global model tersebut.

Pencapaian Xpander dan Xpander Cross ini membuktikan bahwa produk ini diterima oleh pasar Indonesia. Padahal, di Tanah Air banyak merek lain yang bertarung di segmen small MPV. Bahkan, beberapa merek memasang harga lebih rendah dari produk keluaran Mitsubishi ini. “Model kendaraan Mitsubishi Motors terbukti tetap menjadi pilihan karena kesesuaiannya dalam menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen di Indonesia,” tambah Naoya.

Ada beragam faktor yang mendukung penjualan Xpander dan Xpander Cross. Di antaranya, fitur yang lengkap dan teknologi terkini.  Pada fitur keamanan, Xpander memiliki airbag ganda, kamera parkir belakang, anti-lock braking system (ABS). Ada pula hill start assist, pedestrian protection, dan active stability control.

Kemudian untuk interior,  Xpander juga memiliki kabin luas dan senyap. Tersedia fitur penyimpanan, seperti panel side pocket, glove box, dan panel lower tray turut tersedia dalam mobil bermesin 4 silinder 1,5 liter berteknologi MIVEC tersebut.

Selain keunggulan fitur, nilai lebih yang dimiliki Xpander adalah resale value yang tinggi. Pada pasar mobil bekas, niliai jual Xpander masih tinggi atau dengan kata lain nilai depresiasainya rendah. Mitsubishi Xpander keluaran tahun 2017 masih dijual pada harga kisaran Rp 180 jutaaan dengan kondisi yang masih bagus dan mulus.

Mengacu pada riset internal PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI),  harga Xpander bekas perakitan 2018 dan 2017 turun masing-masing 17,1%-20,3%. Sedangkan 2019 sebesar 14,8%, lebih rendah dibandingkan kompetitor di segmen yang sama dengan umur satu tahun.

MARKETEERS X








To Top