Lifestyle & Entertainment

Yang Paling Ramai di TikTok Selama Tahun 2020

Sumber: TikTok

Keseruan tahun 2020 dicatat rapi oleh TikTok lewat Year on TikTok. Melalui program tahunan ini, TikTok berupaya membongkar kembali ingatan penggunanya tentang konten-konten yang sudah menemani selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tidak hanya itu, TikTok juga berupaya melihat bagaimana tren konten akan berkembang di tahun depan.

“Tujuan TikTok adalah menyatukan orang-orang untuk saling menginspirasi dan membagikan momennya. Sepanjang tahun ini momen tersebut jauh lebih banyak dan penuh kreativitas, serta sarat dengan rasa kebersamaan di tengan tantangan pademi,” kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia.

Sepanjang tahun 2020, platform video distribution ini berhasil menarik perhatian masyarakat luas. TikTok dikenal dengan kontennya yang sangat beragam dan unik. Tidak hanya menghibur, TikTok juga banyak digunakan untuk menyampaikan konten-konten informatif dan edukatif. Hingga akhirnya kedua kategori ini menjadi andalan TikTok di tahun ini.

Uniknya, TikTok juga berhasil membuktikan kekuatan engagement-nya yang kuat hingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan branding. Studi dari Kantar yang berjudul The Power of TikTok mengatakan bahwa platform ini bisa membantu brand untuk mencapai audiens yang lebih beragam. TikTok dinilai bisa meningkatkan brand awareness yang mendorong pembelian.

“TikTok berbeda dengan platform lain. Platform ini menonjol karena ruang hiburannya yang luas dan siapa pun bisa menjadi kreator. Platform ini juga memungkinkan semua orang unutk menjadi kreator yang otentik dalam mengekspresikan diri, sehingga ciri kontennya lebih unik,” kata Nadya Ardianti, Chief Client Officer Kantar Indonesia.

Sejumlah kategori konten digarisbawahi oleh Angga sebagai konten yang paling digemari oleh pengguna TikTok pada tahun 2020. Berdasarkan data TikTok, video edukasi, terutama berbagi resep masakan masih menjadi favorit pengguna TikTok. Selain itu, video komedi juga masih menjadi konten yang banyak dibuat dan dinikmati.

Yang unik dari TikTok tahun 2020 adalah meningkatnya konten musik. Hal ini seiring dengan semakin banyaknya musisi yang menjadikan TikTok untuk berinteraksi dengan penggemar. Sebut saja penyanyi Raisa yang akunnya langsung viral sesaat setelah dibuat. Raisa pun memanfaatkan tagar #PopcomDuet untuk membangun interaksi dengan penggemar. Tidak hanya Raisa, penyanyi NIKI dan sejumlah musisi internasional juga meramaikan tagar ini di akun TikTok resminya.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top