Automotive

YouTuber Beli Tesla via Marketplace, Apa Yang Buat Tesla Begitu Spesial?

Beberapa waktu lalu ramai seorang YouTuber asal Medan yang mengaku membeli sebuah unit Tesla Model 3 via platform marketplace dengan alasan pembelian karena tidak bisa tidur. Unit senilai Rp 1,5 miliar ini ia beli secara tunai alias cash.

Tesla memang menjadi sebuah fenomena dalam industri otomotif dunia. Baru-baru ini Elon Musk, sang pendiri Tesla dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Lantas apa yang membuat Tesla begitu istimewa dan digemari oleh banyak orang.

Tesla begitu spesial di mata masyarakat dunia karena ia membawa inovasi baru yang mungkin belum bisa diikuti oleh kompetitornya. Ibaratnya, Tesla adalah Apple-nya industri otomotif. Bahkan kehadiran Tesla sudah mengungguli banyak pabrikan otomotif dunia, seperti Ford, GM, dan Volkswagen.

Lantas apa yang membuat Tesla benar-benar digemari. Dari sisi produk, Tesla bisa dibilang cukup variatif. Ada seri Roadster yang disebut sebagai kendaraan tercepat dari pabrikan Tesla. Kemudian ada seri Cybertruck yang menyerupai sebuah mobil pick-up era masa depan. Ada pula Tesla Model X yang menyerupai sebuah SUV dengan kapasitas tujuh orang. Serta beberapa seri lainnya seperti Model 3 dan Model Y dengan keunggulan masing-masing.

Dari sisi harga, sebuah unit Tesla tidak bisa dibilang murah juga, kecuali Anda benar-benar seorang Sultan. Sebagai gambaran, harga sebuah Tesla Model S dimulai dari US$ 74.990 atau dirupiahkan menjadi kisaran Rp 1 miliar. Sedangkan Tesla Model X dibanderol dengan harga US$ 79.990 (Rp 1,1 miliar). Itu kita bicara harga di pasar Amerika Serikat, untuk di Indonesia harganya bisa berlipat dengan beragam komponen lainnya.

Kredit: 123RF

Uniknya, meskipun harganya lumayan, permintaan mobil Tesla masih amat tinggi. Bahkan, Tesla sendiri mengakui mengalami kesulitan dalam mengimbangi produksi dan permintaan sehingga mengakibatkan daftar tunggu yang lumayan panjang.

Permintaan konsumen akan Tesla didorong oleh desain produk yang modern, teknologi yang inovatif, dan performa tinggi dan komponen yang ramah lingkungan, alias menggunakan baterai. Tentunya penggunaan baterai menjadi salah satu alasan mahalnya satu unit Tesla.

Namun yang menjadi kian unik adalah, Tesla ibaratanya memposisikan diri tidak hanya sebagai perusahaan otomotif, tapi lebih kepada sebuah perusahaan software, layaknya Apple dengan iPhone.

Kredit: 123RF

Setiap mobil tesla memiliki perangkat lunak bawaan seperti iOs dan Android di smartphone. Dan tiap bulan bahkan minggu, software bawaan ini akan memiliki update sehingga performa dan fitur yang ada di dalam mobil akan terus terbarukan tanpa harus membeli unit yang baru.

Di satu sisi, karena menggunakan baterai, suku cadang yang dimiliki oleh Tesla relatif lebih sedikit, sehingga biaya perawatannya pun lebih lebih rendah daripada kendaraan umum.

Tesla juga berhasil menyederhanakan proses pembelian. Dalam arti, konsumen memiliki kendali mulai dari kanal dan penyesuain model unit yang akan dimiliki. Membeli Tesla di pasar resmi sangat mudah, cukup mengunjungi website-nya, kemudian memilih model, warna, dan langsung membayar. Dengan sistem ini Tesla sudah memotong banyak jalur yang biasa terjadi pada pola pembelian sebuah mobil.

Nah, sudah kebayang kan mengapa Tesla digemari, tidak hanya secara produk, tapi juga bisnis model mereka yang unik.

MARKETEERS X








To Top