Zurich Entrepreneurship Program Lahirkan Beragam Terobosan Produk Unik

marketeers article
Peserta Zurich Entrepreneurship Program. (FOTO: Zurich)

Zurich terus melanjutkan komitmenya untuk bisa memberikan dampak positif yang semakin luas. Untuk mewujudkan komitmen itu, salah satu program unggulan yang dihadirkan oleh perusahaan asuransi tersebut adalah Zurich Entrepreneurship Program.

Edhi Tjahja Negara, Country Manager Zurich Indonesia mengatakan, program yang digelar dengan menggandeng Prestasi Junior Indonesia (PJI) itu kini telah mamasuki tahun kedua. Sebagai bagian dari penutupan rangkaian Zurich Entrepreneurship Program tahun kedua, perusahaan pun menggelar Regional Student Company Competition.

“Zurich Entrepreneurship Program merupakan program yang dihadirkan untuk mendorong generasi muda dalam mengasah potensi berwirausaha. Hal ini sejalan dengan tujuan kami untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah karena melalui program ini kami menciptakan peluang ekonomi sekaligus mempersiapkan generasi muda untuk memasuki dunia bisnis,” kata Edhi Tjahja Negara dalam keterangan pers kepada Marketeers, Selasa (14/5/2024).

BACA JUGA: Zurich Syariah: Asuransi Syariah Sudah Sangat Diterima secara Universal

Lewat kompetisi student company (SC) ini, para siswa berkesempatan untuk memaparkan sejumlah inovasi berupa 40 bisnis baru. Inovasi yang dihadirkan pun telah berhasil memberi kontribusi dengan total pendapatan bisnis hingga lebih dari Rp 320 juta pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di Indonesia.

Berbagai produk inovatif yang dihasilkan dalam kompetisi ini antara lain penghilang noda dari limbah kulit pisang, pengering pakaian portabel, tinta pulpen berbahan organik, eco-leather dari limbah kulit jeruk, dan media edukasi mewarnai anak yang terbuat dari daur ulang kertas.

“Dalam mengikuti kompetisi ini, para siswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menginisiasi bisnis, mengelola keuangan pribadi, dan merencanakan karier masa depan serta membuat inovasi-inovasi untuk merespon kebutuhan pasar sekaligus menyelesaikan isu lingkungan,” kata dia.

Dengan begitu, para peserta Zurich Entrepreneurship Program bisa mendapat literasi yang kuat terkait cara pengelolaan keuangan dan cara menghadirkan inovasi yang bermanfaat.

Adriana Poglia, Head of Enabling Social Equity Z Zurich Foundation mengatakan, Zurich yakin bahwa ketika Zurich memberikan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan baru kepada generasi muda, maka hal ini dapat membuka kepercayaan diri para siswa dan membantu mereka mewujudkan potensi mereka.

BACA JUGA: Dorong Jiwa Kewirausahaan, PJI dan Starbucks Kembali Gelar SCYEP

“Dengan melibatkan lebih banyak siswa, guru, dan sekolah pada tahun kedua pelaksanaan program ini, kami bertujuan untuk menciptakan perubahan jangka panjang di masyarakat dan memberikan dampak positif bagi generasi muda di seluruh Indonesia,” ujar Adriana Poglia.

Robert Gardiner, Academic Advisor and Operations Counsel PJI mengatakan, selain melatih pola pikir wirausaha, program ini juga menanamkan etika dan prinsip berkelanjutan dalam membangun bisnis.

“Hal ini akan menjadi nilai penting bagi generasi muda untuk tumbuh menjadi pemimpin bisnis masa depan yang bertanggung jawab. Kami akan terus berkolaborasi dengan Zurich Indonesia dan Zurich Foundation untuk mengoptimalkan dampak dari program ini,” ucap Robert Gardiner.

Related