3 Opsi Destinasi Wisata saat Berkunjung ke Sumba Timur

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
20 Juni 2022
marketeers article
Bukit Tenau, salah satu destinasi wisata alam yang memukau di Sumba Timur. | Foto: Clara Ermaningtiastuti (Marketeers)
Ketika bicara tentang destinasi wisata di wilayah Indonesia bagian timur, pasti tidak sedikit dari Anda yang berpikir tentang Raja Ampat atau Labuan Bajo. Tapi, kali ini Marketeers mengajak Anda untuk bergeser sedikit ke wilayah Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Sumba Timur.
Beberapa destinasi ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang datang ke Sumba Timur namun tidak memiliki waktu tinggal yang lama. Mengapa demikian? Pasalnya, lokasi dari sejumlah tempat ini tidak jauh dari tengah Kota Waingapu. Cocok sekali bagi Anda yang membutuhkan efisiensi waktu, bukan?
Kampung Adat Raja Prailiu
Berwisata sambil mendapatkan pengetahuan lebih. Kampung Adat Raja Prailiu ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin mempelajari budaya dan kekhasan dari suatu tempat. Destinasi ini cukup dekat dari Bandara Umbu Mehang Kunda, hanya sekitar tujuh menit saja dengan menggunakan mobil.
Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari di kampung ini. Mulai dari adat istiadat yang masih kental pengaruhnya di setiap lini kehidupan masyarakat di dalamnya. Contohnya saja cara menyambut tamu dengan kapur sirih dan rumah-rumah dengan makna berbeda yang bisa dilihat dari bentuk atapnya.
Lalu, berbagai kisah yang bisa dipelajari lewat kain-kain tenunan Kampung Adat Raja Prailiu. Ada pula makam-makam dari raja-raja di sana. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat persiapan warga untuk upacara adat.
Ketika berkunjung ke sini, Anda tidak akan dipungut biaya apa pun. Tapi, Anda haruslah bijaksana ketika bersikap selama berada di kampung ini. Pastikan tidak mengganggu masyarakat yang ada.
Pantai Walakiri
Pantai Walakiri sebenarnya sudah menjadi salah satu lokasi favorit dari para wisatawan ketika berkunjung ke Sumba Timur. Berjarak sekitar 24 kilometer dan 35 menit berkendara dengan mobil, akses menuju destinasi ini terbilang sangat mudah.
Yang menjadi daya tarik dari Pantai Walakiri adalah keindahan matahari terbenam dan kumpulan pohon bakau yang menambah estetika destinasi ini.
Sayang, ketika Marketeers berkunjung ke sini, cuaca sedang berawan dan langit sore sempat didominasi warna kelabu. Tapi, hal tersebut tidak menutupi keindahan Pantai Walakiri yang berpasir putih dengan pola yang unik karena pasang surut air laut.
Ketika air sedang surut di pantai ini, Anda bisa menemukan banyak biota laut seperti siput, keong, bintang laut, dan ikan-ikan kecil. Wisatawan yang membawa keluarga bisa dengan nyaman mengajak si kecil bermain. Tapi, tetap dengan pengawasan ya!
Bukit Tenau
Beberapa waktu terakhir, publik dibuat terpukau dengan foto prewedding dari Maudy Ayunda dan sang suami. Kabarnya, mereka mengambil salah satu konsep gambar di Sumba Timur. 
Anda juga bisa memiliki foto serupa dengan berkunjung ke Bukit Tenau. Di sini, pengunjung akan dimanjakan hamparan rumput hijau yang menyegarkan mata. Namun, tidak hanya itu karena penampakan sungai hingga desa-desa di sekitar bukit ini pun menambah keunikan dari pemandangannya.
Sama dengan lokasi-lokasi sebelumnya, untuk mampir ke Bukit Tenau, pengunjung tidak dipungut biaya. Namun, perjalanan ke destinasi ini sebaiknya didampingi oleh pengendara mobil berpengalaman karena medan yang ditempuh untuk sampai ke tempat ini cukup curam dan berbatu.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related