4 Bahaya Tidak Pakai Sunscreen, Jangan Disepelekan!

marketeers article
Ilustrasi sunscreen (Foto: 123rf)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sunscreen harus digunakan sebelum beraktivitas di luar ruangan. Saking pentingnya produk ini, ada momen yang didedikasikan untuk memperingatkan akan bahaya tidak menggunakan tabir surya.

Momen tersebut adalah Sunscreen Day atau Hari Tabir Surya, yang diperingati setiap 27 Mei di Amerika Serikat. Peringatan ini juga merupakan bagian dari National Safe Sun Week yang diinisiasi sejumlah organisasi kesehatan untuk melawan meningkatnya kanker kulit.

Dokter kulit asal New York Barney Kenet, dalam laman Healthline mengatakan bahwa setiap orang wajib menggunakan sunscreen minimal SPF 30. Sebab jika tidak, ada sejumlah bahaya yang mengancam kesehatan.

BACA JUGA: Inovasi Baru Amaterasun Hadirkan Physical Sunscreen Tanpa Whitecast

Berikut adalah gangguan yang mungkin terjadi jika tidak menggunakan tabir surya:

Penuaan Dini

Wajah yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan dari sunscreen secara terus menerus dapat merusak kolagen dan jaringan ikat pada kulit.

Hal ini dapat menyebabkan elastisitas kulit akan menurun sehingga kulit menjadi keriput, kendur, dan tampak tua pada usia muda.

Kulit Terbakar

Kulit terbakar atau sunburn biasanya diakibatkan oleh paparan sinar matahari yang menyengat secara berulang. Kondisi ini ditandai dengan kulit memerah dan terasa perih, bahkan juga bisa melepuh dan merusak lapisan epidermis jika terus dibiarkan.

BACA JUGA: Rahasia Tetap Cantik saat Panas Ekstrem: Pilih Sunscreen yang Tepat!

Kanker Kulit

Dampak terburuk bila tidak menggunakan sunscreen adalah meningkatkan risiko kanker kulit. Hal ini dikarenakan radiasi sinar UVB menyebabkan kerusakan DNA yang secara perlahan bisa memicu kanker.

Ketika radiasi UVB terjadi, sel akan meningkatkan produksi melanin dan mengirimkan lebih banyak melanosom ke permukaan kulit untuk melindunginya dari kerusakan DNA. Kondisi inilah yang menyebabkan bintik-bintik hitam atau bintik-bintik penuaan. 

Hiperpigmentasi

Tidak hanya bintik-bintik yang mengindikasikan kanker kulit, paparan sinar matahari tanpa perlindungan sunscreen juga bisa memicu post inflammatory hyperpigmentation (PIH). Kondisi yang juga disebut hiperpigmentasi ini ditandai dengan munculnya bercak warna kecoklatan pada kulit.

Itulah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi akibat tidak menggunakan sunscreen. Untuk itu, pastikan Anda selalu mengaplikasikannya setiap dua atau tiga jam sekali untuk perlindungan kulit yang maksimal.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related