4 Negara Terbaik untuk Menikmati Fenomena Aurora

marketeers article
Ilustrasi aurora (Foto: 123rf)

Badai Matahari ekstrem yang melanda Bumi akhir-akhir ini memunculkan aurora. Ini merupakan fenomena saat langit menyala berwarna hijau, ungu, hingga biru gelap yang sering terjadi di area Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Tidak semua negara bisa mengalami fenomena aurora, terlebih lagi Indonesia yang berada di garis khatulistiwa. Ini hanya bisa dilihat di wilayah sekitar Kutub Utara dan Kutub Selatan, lebih tepatnya di tempat yang cukup jauh dari polusi.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin menyaksikan fenomena langit berwarna ini, berikut sejumlah negara yang patut dikunjungi:

BACA JUGA: Rekor, Indonesia Catat Kunjungan Wisatawan Asing Tertinggi dalam 4 Tahun

Alaska, Amerika Utara

Pegunungan Alaska yang terletak di Amerika Utara menjadi salah satu tempat yang indah untuk menikmati aurora borealis. Lebih tepatnya, Anda dapat mengunjungi spot bernama Fairbanks yang berlokasi 150 mil sebelah selatan Artik.

Bukan sekadar menyaksikan langit berwarna, spot tersebut juga memungkinkan Anda untuk menikmatinya sembari berendam di pemandian air panas bernama Chena. Penginapan di sana juga menyediakan tur melihat aurora kalau kamu nggak ingin pergi sendiri.

Finlandia

Di Finlandia, Anda bisa menyaksikan aurora selama delapan bulan, mulai dari Agustus hingga akhir April. Adapun spot paling indah untuk menikmati fenomena tersebut adalah penginapan Artik Kakslauttanen di Saariselka. 

Di sana, terdapat banyak penginapan yang menawarkan tempat singgah dalam beragam mode. Anda bisa memilih untuk menginap di rumah igloo, atau di sebuah rumah kayu lengkap dengan sauna dan perapian.

BACA JUGA: Dubai Gandeng Nikita Willy untuk Gaet Wisatawan Indonesia

Swedia

Swedia tidak hanya menawarkan pengalaman menyaksikan langit berwarna, tetapi juga makna dari aurora itu sendiri. Sebab untuk sebagian orang Sami yang tinggal di Scandinavia Utara, aurora borealis merupakan energi dari jiwa-jiwa para pendahulu. 

Anda bisa lihat sisi lain dari aurora di desa paling utara Jukkasjarvi, yang mana bisa menginap di sebuah hotel es layaknya di film Frozen. Pada malam harinya, Anda bisa melihat safari aurora dengan api unggun tradisional.

Islandia

Islandia menawarkan pengalaman menikmati aurora di alam terbuka. Anda dapat melakukan kemping untuk menikmati pemandangan luar biasa, air terjun yang indah, serta kolam air panas yang masih alami. 

Jika tak suka kemping, Anda bisa menginap di Akureyri yang merupakan kota dengan sedikit polusi cahaya di Islandia. Meski menjadi tempat dengan populasi terbanyak kedua, minimnya polusi cahaya memungkinkan Anda untuk menyaksikan aurora.

Itulah sejumlah negara yang memiliki spot terbaik untuk menikmati fenomena langit berwarna. Tertarik mengunjungi salah satunya?

Editor: Ranto Rajagukguk

Related