6 Destinasi Wisata di Labuan Bajo yang Harus Dikunjungi

profile photo reporter Ranto Rajagukguk
RantoRajagukguk
12 Juli 2022
marketeers article
6 Destinasi Wisata di Labuan Bajo yang Harus Dikunjungi. (FOTO: 123rf)
Labuan Bajo memiliki keindahan alam yang luar biasa. Ada enam tempat wisata populer di Labuan Bajo yang bisa Anda kunjungi. Jika Anda berasal dari luar, Anda bisa menggunakan Batik Air dan cek harga batik air di sini
Untuk transportasinya jika Anda menggunakan pesawat, Anda bisa pesan Damri ke bandara. Menggunakan Damri lebih disarankan daripada menggunakan kendaraan umum lainnya, karena harganya yang terjangkau.
Indonesia juga terkenal dengan kondisi geografis yang sangat unik dan berbeda yang memberikan keragaman yang tidak dapat ditemukan di negara lain. Labuan Bajo merupakan salah satu tempat yang diminati oleh turis domestik dan juga mancanegara. 
Umumnya banyak turis asing yang lebih mengenal tempat wisata top di sini karena terkenal dengan keindahan alamnya. Lokasi Labuan Bajo yang berada tepat di barat pulau Flores menjadikannya sebagai tempat wisata tersembunyi, yang dipenuhi oleh berbagai macam wisata alam yang banyak diburu oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.
Berikut tempat-tempat wisata populer di Labuan Bajo yang harus Anda kunjungi.
Rinca Island
Rekomendasi tempat pertama yang bisa Anda kunjungi di kawasan Labuan Bajo adalah Pulau Rinca. Pulau Rinca merupakan gugusan pulau yang ada di Pulau Komodo dan terkenal akan keindahan panorama alamnya. Titik tertinggi dari Pulau Rinca yaitu di ketinggian 670 meter di atas permukaan laut, sehingga saat berkunjung Anda akan dapat melihat pemandangan Flores yang menakjubkan.
Ada banyak hewan-hewan lainnya termasuk komodo yang ada di Pulau Rinca, seperti kerbau, burung, dan babi hutan. Jadi bagi Anda yang hendak berkunjung, sebaiknya mengunjungi pulau ini saat pagi hingga siang hari. Selain dapat melihat hewan langsung dari habitatnya, para pengunjung juga dapat melakukan penanaman hutan mangrove di sekitar bibir pantai.
Kanawa Island
Selain Pulau Komodo, satu lagi yang bisa Anda kunjungi dengan air yang sangat jernih adalah Pulau Kanawa. Pulau seluas 35 hektare ini terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kanawa memiliki pemandangan alam yang indah dan juga menawan, terutama di pesisir dan juga bawah lautnya.
Saat berenang atau menyelam, Anda bisa melihat air laut yang sangat jernih dan pasir putih yang sangat bersih. Keindahan bawah laut Pulau Kanawa dapat dilihat dari atas permukaan laut seperti terumbu karang, ikan-ikan kecil bahkan penyu. Jika ingin bermalam di Pulau Kanawa, tersedia sekitar 13 guest house dengan harga sewa sekitar Rp 300.000 per malam.
Air Terjun Cunca Wulang
Tempat favorit lainnya untuk dikunjungi di Labuan Bajo adalah Air Terjun Cunca Wulang. Terletak di kawasan Hutan Mbeliling dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut.
Banyak orang yang beranggapan bahwa Air Terjun Cunca Wulang ibaratkan kembaran dari Green Canyon, karena suasana dari warna dari air yang mirip. Akan tetapi, yang membedakan dapat dilihat dari luas area dan bebatuan yang tersebar di kedua sisi air terjun.
Ketika Anda berada di lokasi air terjun ini, Anda diperbolehkan untuk memanjang dan menaiki batuan-batuan besar yang ada di sekitarnya. Akan tetapi, sebelumnya Anda harus bertanya terlebih dahulu kepada pemandu, karena kondisi alam yang sering berubah-ubah, menyebabkan debit air terjun dapat berbeda di setiap waktunya.
Padar Island
Pulau Padar termasuk ke dalam pulau terbesar ketiga di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Berbeda dengan dua pulau lainnya, Pulau Padar tidak dihuni oleh Komodo. Pulau Padar adalah tempat teratas untuk dilihat di Labuan Bajo karena pemandangan 360-nya yang menakjubkan.
Meski namanya tidak sepopuler Pulau Komodo dan Pulau Rinca, namun keindahan Pulau Padar tidak bisa dimungkiri. Di pulau ini terdapat empat pulau kecil yang masing-masing menawarkan pemandangan yang unik. Para wisatawan dapat mendaki bukit untuk menikmati pemandangan dari atas atau menikmati matahari terbit dan terbenam.
Gua Rangko
Rekomendasi tempat wisata menarik lainnya yang dapat Anda sambangi ketika di Labuan Bajo adalah Gua Rangko. Gua ini terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Sebenarnya Rangko adalah sebuah gua yang memiliki berbagai hiasan batu dan juga stalaktit yang dipenuhi dengan air laut yang memesona dengan panorama menyejukkan mata.
Akan tetapi, karena aksesnya yang terbatas, Gua Rangko sepi pengunjung. Apabila Anda berminat mengunjungi Gua Rangko, Anda perlu menggunakan jasa pemandu wisata lokal agar tidak tersesat.
Wae Rebo Village
Wae Rebo merupakan destinasi wisata budaya yang menawarkan pemandangan indah. Desa yang terletak “di atas langit” ini sarat akan budaya dan kearifan lokal masyarakat Flores Manggarai. Tidak mudah untuk mengunjungi desa ini, Anda harus trekking lebih dari 3 jam. Namun setelah jauh trekking Wae Rebo ke puncak anda akan dibuat takjub dengan indahnya pemandangan daerah sekitar.
Itulah enam tempat wisata terbaik di Labuan Bajo yang tidak boleh Anda lewatkan. Jangan lupa untuk selalu cek harga Batik Air untuk mendapatkan harga terbaik. Untuk transportasi menuju bandara Anda bisa pesan Damri ke bandara, dan pastikan Anda memesan pada jam yang masih berjarak satu atau dua jam dari penerbangan Anda.

Related