8 Merek Baru Akan Hadir di GIIAS 2024, Pasar Otomotif Kian Kompetitif

marketeers article
Konferensi pers GIIAS 2024. (FOTO: Marketeers/Eric)

Industri otomotif Tanah Air akan semakin kompetitif karena merek baru terus tumbuh. Tahun ini, sejumlah merek baru pun akan memanfaatkan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 sebagai momentum untuk menegaskan kehadiran di Indonesia.

Rizwan Alamsjah selaku Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO mengatakan, pada GIIAS 2024, terdapat delapan merek baru yang telah memastikan untuk melakukan brand launching. “Delapan merek itu terdiri dari merek mobil penumpang dan merek sepeda motor,” kata Rizwan Alamsjah dalam konferensi pers GIIAS 2024 di Jakarta, Senin (6/5/2024).

Namun, saat ini ia belum bisa mengungkap merek apa sajakah yang akan meluncur tersebut. Tapi yang pasti, hal ini mencerminkan bahwa banyak merek yang masih menilai bahwa pasar otomotif di Indonesia merupakan pasar yang sangat menjanjikan.

BACA JUGA: GAC Aion Jadi Merek Cina Berikutnya yang Siap Ramaikan Pasar EV di RI

Untuk mengakomodasi antusiasme tersebut, GIIAS kali ini pun akan melakukan penambahan luas area pameran di ICE-BSD, Tangerang, Banten. Menurutnya, total area tambahan mencapai luasan skeitar 12 ribu meter persegi.

“Biasanya kami menggunakan seluruh hall yang ada dengan total 10 hall. Tapi agar bisa mengakomodasi kebutuhan yang ada, maka kami berinisiatif untuk melakukan penambahan hall,” kata dia.

Penambahan hall itu sendiri dilakukan dengan menghadirkan hall semi permanen di area parkir. Area yang disebut dengan Hall 11 itu pun didesain secara terintegrasi sehingga pengunjung tetap merasa nyaman untuk mengakses area tambahan tersebut.

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi mengatakan, dengan adanya penambahan area ini, maka GIIAS 2024 hadir dengan total area seluas 112 ribu meter persegi.

“Hal ini membuat GIIAS 2024 menjadi pameran terbesar di dunia di luar pameran yang digelar di Cina. Hal ini sengaja dilakukan sebagai bentuk terobosan untuk bisa terus mendorong pertumbuhan industri otomotif di Indonesia,” kata Yohannes Nangoi.

BACA JUGA: Lanjutkan Penetrasi di Pasar EV, NETA Perkenalkan NETA V-II

Merek-merek kendaraan bermotor kelas dunia yang berpartisipasi pada GIIAS 2024 meliputi Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan penumpang seperti Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks.

Selain itu, tiga merek karoseri juga hadir pada GIIAS 2024, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Enam belas merek Sepeda Motor juga akan hadir di GIIAS 2024, Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Moto Guzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi dan Vespa.

Selain itu, ratusan merek peserta dari industri pendukung lainnya juga telah memastikan kesiapannya unjuk gigi dalam penyelenggaraan GIIAS tahun ini.

Related