Asuransi Astra Bagikan Tips Pengelolaan THR yang Cermat

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
27 April 2022
marketeers article
mixed race asian chinese housewife calculating accounting new year budget holding a receipt using calculator sitting on sofa in the living room at home
Tidak terasa kini sudah memasuki akhir Ramadan dan umat Islam akan segera merayakan Hari Raya Idulfitri. Sesuatu yang identik dengan hari kemenangan ini bukan hanya ketupat dan opor ayamnya tapi tunjangan hari raya atau yang akrab disingkat dengan THR.
Mereka yang mendapatkan THR memanfaatkan dana ini untuk berbagai hal. Mulai dari update gawai hingga berbelanja keperluan hari raya. Tidak jarang pengeluaran jadi tidak terkontrol. Memahami munculnya persoalan tersebut menjelang Idulfitri, Asuransi Astra menggelar webinar #THRBisaDiatur.
Pada webinar tersebut, hadir Certified Financial Planner (CFP) sekaligus influencer Putri Madarina yang berbagi tentang mengatur perencanaan keuangan, utamanya bagi para ibu yang mengurus keperluan rumah tangga.
“Menjadi sosok pengelola keuangan tentu bukan hal mudah. Karena, melakukan perencanaan finansial dalam sebuah keluarha merupakan tanggung jawab untuk diri sendiri, keluarga, hingga masa depan. Karena itu, ada empat tahapan yang perlu diperhatikan,” tutur Putri.
Pertama, mengetahui dan menghitung sumber pendapatan bulanan seperti gaji hingga tahunan seperti THR atau bonus.
Kedua, rinci dan hitung pengeluaran kebutuhan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan dapur, listrik, air, dan lain sebagainya. Jika dirasa keduanya sudah dilakukan. Maka Anda bisa lanjut ke tahapan berikutnya.
Ketiga, lakukan finalisasi cash budget secara bulanan maupun tahunan.
Keempat, persiakan dana darurat dengan rasio tiga kali pengeluaran bagi mereka yang hidup sendiri, enam kali pengeluaran bagi mereka yang sudah menikah, dan 12 kali pengeluaran bagi yang sudah memiliki anak atau punya tanggungan.
Dengan menjalankan tahapan tersebut, Putri meyakini rumah tangga dapat keluar dari persoalan defisit finansial. Langkah tersebut patut dicoba terlebih lagi dengan realita yang berulang setiap tahunnya, uang THR ini biasanya digunakan untuk tujuan jangka pendek.
Hanya sedikit orang yang mengalokasikan THR untuk tujuan jangka panjang seperti menabung atau investasi. Dan, di kesempatan ini, Asuransi Astra pun menunjukkan bahwa ada manfaat lain yang bisa didapat dari THR misalnya saja dengan mengambil langkah antisipasi lewat berasuransi.
Chief Digital office Asuransi Astra Teddy Suryawan memaparkan pentingnya mengubah stigma THR sebagai dana yang harus segera digunakan untuk jangka pendek. Tapi, THR ini bisa menjadi uang yang melindungi kita dari risiko finansial.
Misalnya, THR ini digunakan untuk berasuransi yang dapat melindungi kita dari hal tak terduga. Misalnya saja sakit.
“Asuransi Astra menghadirkan produk asuransi kesehatan rawat jalan perorangan berbasis digital yaitu Garda Healthtech yang memberikan perlindungan menyeluruh. Selain itu, untuk mengaksesnya pun pudah dan harga terjangkau untuk melindungi keluarga dari risiko biaya membengkak sehingga keuangan tetap terlindungi,” ungkap Teddy.

Related