Bangun Keseruan Lewat 7 Ide Sales Promotion Berbasis Gamifikasi

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
02 Agustus 2022
marketeers article
Ilustrasi gamifikasi (Sumber: 123RF)
Banyak taktik yang dapat digunakan oleh para marketeer untuk mendongkrak penjualan produk. Berbagai pendekatan pun dapat dilakukan di banyak taktik tersebut. Salah satu yang cukup digemari oleh masyarakat adalah lewat pendekatan gamifikasi. Secara umum, gamifikasi diartikan sebagai proses memasukan unsur-unsur dari sebuah permainan, seperti point, badges, level, services, location base, dan achievement ke dalam aktivitas promosi pemasaran. Di dalam pendekatan ini, emosi dan semangat berkompetisi pelanggan akan ditantang.
Dari pendekatan ini, banyak taktik turunan yang dapat dikerahkan untuk membangun ide sales promotion. Berikut tujuh sales promotion berbasis gamifikasi yang dirangkum dari Majalah Marketeers edisi April 2018:

Raffle

Program raffle umum dilakukan oleh para pemilik brand sepatu. Program ini biasanya diawali dengan proses undian atau kompetisi untuk mendapatkan sebuah tiket. Tiket ini akan menjadi syarat untuk pemegangnya membeli sebuah produk, baik produk yang merupakan rare item, atau edisi terbatas.
Di sini, semangat berkompetisi dan adu keberuntungan kerap dilakukan oleh para merek. Memainkan emosi konsumen untuk mendapatkan produk eksklusif menjadi kunci dari kesuksesan program raffle.

Prize Drawing

Pengundian hadiah menjadi salah satu bentuk sales promotion berbasis gamifikasi yang terbilang jadul alias sudah lama dilakukan oleh banyak brand. Meskipun sudah lama, undian tetap menarik bagi konsumen. Para marketeer dan pemilik brand pun masih melakukan program undian sampai kini.
Program undian ini jamak bisa ditemukan di industri perbankan Tanah Air. Prize drawing pun dapat dikombinasikan dengan taktik promosi lain, seperti belanja dengan nominal terbanyak. Undian berhadiah yang ramai peminat biasanya akan sangat tergantung dari hadiah yang ditawarkan dan pengorbanan yang dilakukan oleh konsumen.

Stamp Collection

Meski terkesan sederhana, berburu stempel atau stiker bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan serta loyalitas dari konsumen sebuah merek. Taktik sales promotion berbasis gamifikasi ini masih bisa dengan mudah kita temukan di berbagai peritel modern.
Secara teknis, konsumen akan mendapatkan stamp pada kartu loyalty yang telah disediakan setiap melakukan transaksi. Ketika konsumen sudah mengumpulkan dalam jumlah tertentu, mereka bisa menukarkan dengan berbagai hadiah. Jika merek Anda ingin menjajal cara ini, ada berbagai catatan yang harus diperhatikan. Buatlah permainan yang masuk akal dengan gimmick yang menarik.

Games

Games atau permainan bisa menjadi cara untuk mengerahkan sales promotion berbasis gamifikasi. Dengan mengajak konsumen bermain, pengalaman berbeda hingga menghadirkan keseruan menjadi misi dari taktik ini.
Di samping itu, para merek juga dapat menggali rasa penasaran konsumen untuk memenangkan sebuah permainan tersebut. Bukan tidak mungkin, konsumen yang tertarik mengikuti permainan, akan terus mengeluarkan kocek hingga misinya tercapai.

Competition

Taktik sales promotion berbasis gamifikasi selanjutnya adalah kompetisi. Taktik ini menjadi salah satu cara yang tak pernah bosan digunakan brand dalam melakukan taktik penjualan. Hakikat dasar manusia yang tidak pernah puas membuat mereka selalu terpacu untuk berkompetisi. Memenangkan sebuah kompetisi untuk mendapat title atau reward tertentu dapat menarik calon konsumen untuk bergabung.
Ketika memutuskan untuk menggunakan teknik kompetisi, pastikan topik kompetisi yang dibuat memiliki kedekatan yang tinggi dengan target market. Dengan begitu, teknik kompetisi ini secara efektif dapat menarik crowd yang besar.

Auction/Lelang

Lelang menjadi taktik yang memberikan kesempatan para pembeli untuk melakukan penawaran harga dan penawar harga tertinggi akan mendapatkan barang yang dilelang. Layaknya sebuah permainan, pendekatan ini juga sarat akan semangat berkompetisi.
Untuk barang bernilai seni, penawaran bisa melangit hingga di luar nalar. Namun, untuk barang-barang lelang yang unsur fungsionalitasnya atau bisa digunakan, harga yang diperoleh pemenang lelang bisa lebih murah. Selain itu, barang yang yang dilelang biasanya terbatas. Sehingga, orang yang berhasil mendapatkan barang yang dilelang punya rasa kebanggaan.

Lucky Dip

Lucky Dip menjadi salah satu sales promotion berbasis gamifikasi yang dilakukan untuk memikat keramaian saat suatu merek menggelar acara. Bagi konsumen pun menjadi nilai tambah ketika mereka membeli sebuah produk bukan hanya mendapat produk tersebut. Meski tidak semua hadiah bernilai tinggi, tapi lucky dip cukup berhasil memainkan rasa penasaran konsumen.

Related