Opinion

Bebas Stress, Ini Enam Manfaat Memasak Sendiri

SUMBER: 123RF

Makan ternyata bukan hanya sebuah kebutuhan bagi tubuh tetapi juga bisa memulihkan mood yang sedang tidak baik. Tapi, bukan cuma makan saja, memasakan atau menyiapkan makanan ternyata juga bisa memberi nilai lebih bagi individu. Terlebih lagi, di tengah situasi saat ini.

Psikolog dan Akademisi Universitas Indonesia Rose Mini Agoes Salim mengatakan pandemi membuat banyak orang mengalami kecemasan luar biasa hingga menimbulkan stress yang turut berdampak pada keluarga. Menghilangkan stress atau kecemasan ini dapat dilakukan dengan menciptakan banyak kegiatan yang menyenangkan.

“Untuk mengurangi stress,  kita harus lebih fokus ke dalam kita sendiri dan apa yang ada di sekeliling kita yaitu keluarga di rumah. Kita bisa berfokus pada hal-hal yang bisa dilakukan di rumah, diantaranya memasak,” ujar Rose.

Beberapa penelitian pun membuktikan bahwa memasak memiliki berbagai macam manfaat, termasuk menuntaskan kekhawatiran akan higienitas. Berikut sejumlah manfaat memasak dan menyiapkan makanan sendiri.

1. Self Rewarding

Memasak bisa menjadi hobi yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang di rumah. Anda bisa mencoba berbagai keahlian baru, hal tersebut pun bisa berpengaruh pada perasaan dan pikiran. Tidak perlu mencapai level ahli masak, ketika kita mencoba masakan buatan sendiri akan timbul kepuasan sendiri (self rewarding).

2. Memasak Bisa Jadi Terapi

Rose menjelaskan bahwa memasak bisa memberikan kenyamanan dan menambah kekuatan diri. Karenanya, jika seseorang suka memasak, daya tahan tubuh pun meningkat karena hormon yang keluar membuat kita tidak dalam situasi tegang. Hal ini bagus untuk membantu bertahan menghadapi situasi pandemi.

3. Menjadi Lebih Kreatif

Studi pada tahun 2016 mengungkapkan memasak bisa meningkatkan kreativitas dan kebahagian. Hasil studi ini didapat dari survei pada 658 orang selama dua minggu. Dari pengamatan yang ada terlihat, saat memasak mereka merasa lebih bahagia dan kreatf.

4. Lebih Hemat

“Memasak di rumah cenderung menghemat uang, yang lebih lanjut dapat berdampak positif pada keseluruhan situasi keuangan seseorang,” ujar Jamie McNally, asisten profesor psikologi dan pemilik Sycamore Counseling Services. Uang dari hasil berhemat tersebut dapat ditabung untuk menghindari buruknya kondisi finansial yang nantinya bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan.

5. Meningkatkan kualitas hubungan

Tidak hanya berhemat, Anda yang memasak untuk keluarga bisa menikmati kebersamaan di saat makan. Di saat makan bersama tersebut, suasana bisa menjadi lebih hangat dan kualitas hubungan pun bisa meningkat.

6. Mengurangi Kecemasan Soal Higienitas

Di masa pandemi, higienitas menjadi salah satu faktor penting yang harus terus diperhatikan, termasuk halnya makanan. Bagi yang masih ragu membeli makanan dari luar karena alasan higienitas, mengapa tidak mencoba memasaknya sendiri? Tentunya masakan yang diciptakan dari dapur sendiri bisa lebih terkontrol kebersihannya.

Berbagai pelaku usaha food & beverage (F&B) menghadirkan beragam inovasi di situasi sulit ini. Salah satunya dengan menghadirkan berbagai produk siap masak. Jadi, bagi Anda yang merasa tidak cukup pintar memasak tidak perlu khawatir. Karena, berbagai pilihan menu makanan kini tersedia dengan kemasan siap masak.

The Latest

To Top