Begini 3 Strategi Bisnis Hankook Tire Hadapi Tahun 2022 

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
03 Februari 2022
marketeers article
Tahun ini, Hankook Tire menyiapkan tiga strategi bisnis untuk menjaga kinerja bisnis.  Apalagi, tahun lalu produsen ban ini mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 20% dibandingkan  tahun 2020 lalu. Produsen ban global asal Korea Selatan itu memperoleh peningkatan penjualan untuk seluruh segmen produk keluarannya, yaitu PCR (mobil penumpang), LT (truk ringan), dan TBR (truk dan bus atau kendaraan komersial).
Strategi bisnis dari Hankook Tire menghadapi tahun 2022, didasarkan pada optimisme perusahaan pada kemampuannya beradaptasi pada pergerakan pasar. Sektor yang menjadi perhatian adalah peningkatan saluran penjualan untuk pasar domestik, pengelolaan rantai pasok, hingga membuka peluang pasar baru dengan melengkapi kebutuhan ban konsumen di Indonesia.
“Fundamental eksistensi Hankook di Indonesia masih berfokus untuk pasar ekspor, terlepas sejak beberapa tahun terakhir kami terus menggenjot penjualan domestik. Salah satu strategi kami, Sell-in Shop Program, cukup efektif mendorong penjualan domestik dengan partisipasi lebih dari 700 mitra distributor,” kata Yoonsoo Shin, President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia, lewat keterangan resminya.
Diversifikasi produk dan perluasan saluran penjualan menjadi langkah pertama dari strategi bisnis Hankook Tire menatap tahun 2022 mendatang. Rencana itu diwujudkan melalui penambahan jaringan melalui mitra distributor baru serta program Hankook Master. Peningkatan pengalaman pelanggan dan mempererat hubungan dengan seluruh stakeholders turut jadi bagian dari strategi ini.
Langkah strategi bisnis Hankook Tire berikutnya adalah menata pengelolaan rantai pasok (supply chain management) menjadi lebih sistematis dan efisien. Saat ini, Hankook Tire mampu menerapkan periode lebih singkat dalam pelaksanaan sejumlah prosedur seperti pengecekan stok, perencanaan alokasi produk, dan distribusi ke toko sehingga para mitra dapat memenuhi permintaan pelanggan dalam berbagai kondisi.
Strategi bisnis ketiga dari Hankook Tire adalah mengoptimalkan adanya ceruk pasar konsumen untuk ban Hi-inch, atau ban berukuran 17 inci ke atas maupun kebutuhan bagi mobil balap. Sehingga, melihat peluang ini, Hankook Tire akan melengkapi lini produk mereka khususnya untuk segmen mobil penumpang (PCR) dengan ban berukuran 20, 22, dan 24 inci.
Melengkapi strategi bisnis sepanjang tahun 2022 itu, Hankook Tire menegaskan komitmennya mendukung berlanjutnya pengembangan ekosistem mobil listrik di Indonesia. Komitmen itu ditunjukkan dengan adanya produk Hankook Kinergy AS EH01, yang mengusung teknologi Hankook Electric Mobility (HEM). Hankook Kinergy AS EH01 memiliki kualitas durabilitas dan kemampuan cengkeraman pada jalan basah yang baik.
Produk tersebut menambah ragam pilihan ban bagi konsumen yang sudah tersedia terutama bagi segmen kendaraan penumpang maupun truk ringan, bus, hingga kendaraan komersial. Ragam produk yang disediakan Hankook Tire untuk kendaraan penumpang jenis sedan premium dan sport utility vehicle (SUV) misalnya Ventus S1 Evo3 K127, Dynapro AT2 RF 11, serta Dynapro MT2 RT05.
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related