Career

Belajar Pentingnya Menjalin Relasi Bisnis dari Pengusaha Agwan Mblitar

Memiliki bisnis yang sukses menjadi mimpi dari sekian banyak orang di dunia. Kisah inspiratif dari para pebisnis sukses pun sudah banyak bisa kita dapatkan, baik dari pebisnis luar maupun dalam negeri. Salah satu kisah inspiratif dari pebisnis asli Indonesia datang dari perjalanan Agus Wawan atau yang dikenal dengan panggilan Agwan Mblitar.

Tidak melulu mulus dan lancar sesuai rencana, perjalanan bisnis yang ditempuhnya sudah melewati banyak lika–liku, seperti kecurian dan tertipu. Namun hal tersebut tidak membuat Agwan Mblitar menyerah, justru dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk bisnisnya.

Berkat pembelajaran panjang tersebut, Agwan Mblitar berhasil mengembangkan bisnis mulai dari memiliki bisnis SPBU sampai bisnis kuliner Mayangkara Group -salah satu brand yang cukup dikenal adalah Kambing Guling Ajiib yang sudah memiliki cabang di Surabaya, Malang, Blitar, dan Tululungagung.

“Tidak ada kesuksesan yang mudah diraih. Kita perlu belajar banyak, bisa dari mencoba hal-hal baru untuk menambah pengalaman atau belajar dari pengalaman orang lain yang sudah sukses,” ujarnya.

Salah satu kunci yang sering dipakai oleh Agwan adalah berani mencoba. Bahkan mencoba hal-hal yang tidak dibayangkan sebelumnya.

Di sisi lain, menjadi seorang pebisnis juga harus memiliki mental yang tangguh. Tujuannya agar ketika mengalami suatu masalah, mental ini bisa mengatasi dan menyelamatkan bisnis yang sedang dijalani. Mental ini juga penting untuk merespons tantangan di dunia bisnis yang kian besar dan tak terduga.

Menjadi seorang pebisnis juga memerlukan pengembangan jaringan atau networking untuk kelancaran bisnis. Penting bagi Agwan Mblitar untuk mendekatkan diri dengan sosok-sosok pengusaha sukses, pejabat, hingga entertainer seperti Aburizal Bakrie, Boy William, Emil Dardak, dan Raffi Ahmad.

Upaya membangun jaringan ini bisa didapatkan melalui jalur komunitas. Pemilik akun Instagram @agwan_mblitar pun aktif di beberapa komunitas, seperti komunitas menembak dan komunitas otomotif.

Most Popular








To Top