Billie Eilish Kenakan Pin Merah di Piala Oscar 2024, Apa Maknanya?

marketeers article
Billie Eilish dan Finneas kenakan pin merah saat hadiri Piala Oscar 2024 (Foto: Instagram)

Billie Eilish dan sederet selebriti Hollywood lainnya tampak menyematkan pin merah di baju mereka saat menghadiri ajang Piala Oscar 2024 yang diselenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (10/3/2024) waktu setempat.

Pin berwarna merah itu terlihat memiliki simbol tangan dan hati di bagian tengahnya. Meskipun ukuran pin tersebut cukup kecil, tak sedikit warganet yang tetap menyadari eksistensi benda itu dan langsung membicarakannya di jagat maya.

Lantas, sebenarnya apa makna pin merah yang dikenakan oleh Billie Eilish, Finneas O’Connell, bintang Poor Things Mark Ruffalo, dan komedian Ramy Youssef saat menghadiri Piala Oscar 2024?

BACA JUGA: Semangka Jadi Simbol Dukung Palestina, Apa Maknanya?

Bentuk Dukungan untuk Palestina

Melansir USA Today, ternyata pin merah yang dikenakan sederet selebriti itu adalah salah satu upaya mereka untuk meningkatkan kesadaran akan genosida yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Pin merah itu sendiri didistribusikan oleh Artists4Ceasefire. 

Ini merupakan kelompok selebriti dan anggota industri hiburan yang menuntut Presiden AS Joe Biden untuk meminta gencatan senjata sekaligus pembebasan tawanan di Gaza. 

“Pin ini melambangkan dukungan kolektif untuk gencatan senjata yang segera dan permanen, pembebasan semua sandera dan pengiriman bantuan kemanusiaan yang mendesak untuk warga sipil di Gaza,” kata komunitas itu, dikutip dari Al Jazeera.

BACA JUGA: Sejarah Scarf Keffiyeh yang Jadi Simbol Perlawanan Palestina

Petisi tersebut setidaknya sudah ditandatangani oleh 400 selebriti, di antaranya Cate Blanchett, Ben Affleck, Jennifer Lopez, Bradley Cooper, Mark Ruffalo, Joaquin Phoenix, Ramy Youssef, Riz Ahmed, Quinta Brunson, dan Mahershala Ali. Tidak hanya mendukung dengan menggunakan pin merah, salah satu dari mereka, yakni Ramy Youssef, bahkan vokal menyuarakan dukungan untuk Palestina. 

Kepada media, sang komedian mengatakan, “Kami meminta gencatan senjata segera dan permanen di Gaza.”

“Kami meminta keadilan dan perdamaian bagi rakyat Palestina dan juga Anda tahu, pesan yang sangat universal, yaitu mari kita berhenti membunuh anak-anak,” ujarnya.

Selain pin merah, sejumlah aktor yang membintangi Anatomy of A Fall juga menyematkan pin berlambang negara Palestina di dada masing-masing. Mereka adalah Swann Arlaud dan aktor muda Milo Machado-Graner.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related