5 Daftar Film Pemenang Piala Oscar 2024, Oppenheimer Jadi Film Terbaik

marketeers article
Potongan gambar dari Oppenheimer, film dengan pemenang terbanyak di Oscar 2024. (Sumber: Imdb)

Daftar film pemenang piala Academy Awards ke-96 atau Piala Oscar 2024 telah diumumkan dalam gelaran acara yang berlangsung di Dolby Theater, Amerika Serikat (AS). Dalam ajang penghargaan bergengsi di tingkat dunia itu, sejumlah film dan pelaku industri perfilman mendapatkan apresiasi atas karyanya yang memukau selama satu tahun terakhir.

Film Oppenheimer keluar sebagai pemenang Oscar 2024 terbanyak dengan membawa pulang tujuh piala meliputi Best Picture, Best Director untuk Christopher Nolan, Best Actor untuk Cillian Murphy, dan Best Cinematography. Selain itu, terdapat beberapa film lainnya yang mendapatkan penghargaan lainnya. 

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini sederet film yang berhasil menjadi peraih piala Oscar 2024:

BACA JUGA Sinopsis SEMES7A, Film yang Soroti Manfaat Nyepi untuk Lingkungan

1. Oppenheimer 

Film yang dibintangi oleh Cillian Murphy ini berhasil membawa pulang banyak piala dalam ajang penghargaan bergengsi itu. Seperti diketahui, film Oppenheimer mengisahkan tentang sosok fisikawan teoretis bernama J Robert Oppenheimer (Cillian Murphy) yang dikenal sebagai Bapak Bom Atom.

Ia memimpin para ilmuwan dalam proyek rahasia AS untuk menciptakan bom atom pertama di dunia bernama Manhattan Project. Film ini juga menampilkan nestapa sang fisikawan teoretis setelah menciptakan senjata yang tidak hanya mengubah peradaban dunia, tetapi juga memusnahkan ratusan ribu nyawa manusia.

2. Poor Things 

Selain Oppenheimer, Poor Things juga menjadi film yang membawa lebih dari satu piala. Film yang dibintangi Emma Stones ini meraih penghargaan Best Production Design, Best Costume Design, dan Best Makeup and hairstyling.

Poor Things sendiri menceritakan Bella Baxter (Emma Stone), anak asuh dokter spesialis bedah Godwin Baxter (Willem Dafoe). Namun, Bella awalnya perempuan biasa yang sedang hamil tapi meninggal dunia karena bunuh diri. 

Bella kemudian bisa hidup lagi setelah otaknya diganti dengan otak bayi yang masih hidup.

BACA JUGAGabungkan Barbie dan Oppenheimer, “Barbenheimer” Betulan Jadi Film!

3. The Zone of Interest

Berikutnya ada The Zone of Interest yang memenangkan kategori Best International Feature Film dan Best Sound. Film ini berfokus pada kehidupan Rudolf Hoss (Christian Friedel), komandan Nazi yang tinggal di sebelah kamp konsentrasi Auschwitz pada 1943.

Diceritakan, Rudolf Hoss tinggal bersama sang istri, Hedwig Hoss (Sandra Huller), dan kelima anak di rumah tersebut dan menjalani hidup dengan begitu indah, bahagia, penuh rasa tak berdosa.

Padahal, suara tembakan, teriakan, hingga derap langkah tentara Nazi yang menyiksa dan mengeksekusi tahanan terdengar jelas dari rumah keluarga Hoss.

4. American Fiction 

Film komedi drama, American Fiction juga sukses membawa pulang piala Oscar 2024 untuk kategori Best Adapted Screenplay. Film ini menceritakan tentang sosok Monk (Jeffrey Wright), novelis frustrasi yang muak dengan institusi pengambil untung dari dunia hiburan Kulit Hitam. 

Institusi itu kerap mengandalkan kiasan-kiasan yang melelahkan dan menyinggung. Oleh sebab itu, ia menggunakan nama pena menuliskan buku baru untuk membuktikan pandangannya tersebut. 

Buku itu mendorongnya ke pusat kemunafikan serta kegilaan yang selama ini ia anggap enteng.

5. Anatomy of a Fall 

Kemudian, ada Anatomy of a Fall yang memenangkan kategori Best Original Screenplay pada ajang Oscar 2024. Film ini mengisahkan Samuel Maleski (Samuel Theis), musisi yang mendadak ditemukan tewas dekat kediamannya Grenoble, Prancis sehingga diduga meninggal jatuh dari ketinggian.

Kematian itu menimbulkan kejanggalan yang tertuju kepada istri Samuel, Sandra Voyter (Sandra Huller). Sandra dicurigai menjadi orang di balik kematian Samuel.

Demikian sederet film kenamaan Hollywood yang berhasil keluar menjadi pemenang dalam ajang piala Oscar 2024. Selamat menonton!

Editor: Ranto Rajagukguk

Related