BOB Downhill 2024 Angkat Potensi Sport Tourism di Jawa Tengah

marketeers article
Sumber: 123RF

Dalam rangka mengembangkan ekosistem pariwisata serta memberikan wadah kepada para atlet balap sepeda Downhill, Badan Pelaksana Otorita Borobudur berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia kembali menggelar acara BOB Downhill 2024.

Acara ini akan berlangsung pada 18 hingga 19 Mei 2024 di De’Loano Glamping Kawasan Borobudur Highland, Jawa Tengah.

Lokasi ini dipilih lantaran pemandangannya yang memukau serta fasilitas glamping yang menawarkan pengalaman berkemah mewah.

Dari sini, tidak hanya memberikan pengalaman bersepeda yang menantang tetapi juga memberikan kesempatan kepada peserta dan penonton untuk menikmati keindahan alam dan kenyamanan akomodasi.

Ditemui dalam acara The Weekly Brief With Sandi Uno, pada Senin (6/5/2024), Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) RI mengatakan pihaknya akan mendukung penuh kegiatan BOB Downhill 2024.

BACA JUGA: Gandeng Kemenparekraf, MS GLOW Berangkatkan 500 Orang Pemudik

Event sports tourism memang sedang kami genjot. Ini adalah lomba balap sepeda dengan pemandangan alam yang luar biasa dan tentunya sangat diminati oleh atlet-atlet sepeda untuk berlomba baik dari tingkat nasional hingga internasional,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang dikutip Marketeers pada Rabu (15/5).

BOB Downhill adalah sebuah ajang perlombaan sepeda downhill yang telah sukses digelar pada tahun 2020 dan 2023. Pada tahun ini, event BOB Downhill membuka beberapa kategori, mulai dari kategori lomba youth, elite, sampai master E untuk pembalap berusia 50 tahun ke atas.

BACA JUGA: Kemenparekraf Dorong Ekonomi Selama Ramadan Lewat BERKAH

Senada dengan Menparekraf, Agustin Peranginangin, Direktur Utama BOB mengatakan bahwa pihaknya akan mengedepankan sisi keselamatan dan kenyamanan dari tiap peserta event BOB Downhill 2024.

Penentuan track lomba melibatkan asesor dari Union Cycliste Internationale/Uni Sepeda Internasional serta mendapatkan dukungan dari Indonesia Cycling Federation (ICF).

“Dalam kegiatan ini, kami juga melibatkan masyarakat sekitar karena di tempat ini kita ada desa wisata, dan salah satu desa wisata yang dekat dengan kita merupakan penerima penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), yakni Desa Widosari,” pungkasnya.

Dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah dan berbagai pihak terkait, serta persiapan yang matang, BOB Downhill 2024 diharapkan dapat semakin memantapkan posisi Indonesia sebagai destinasi unggulan untuk sports tourism di mata dunia.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related