DANA, Dompet Digital Open Platform Karya Anak Bangsa

profile photo reporter Eko Adiwaluyo
EkoAdiwaluyo
21 Maret 2018
marketeers article
Beberapa tahun belakangan ini, dompet digital terus bermunculan di negara ini. Ada yang diusung oleh perusahaan keuangan, telekomunikasi, dan tentunya para pelaku financial technology (fintech) startup. Selain itu, para startup non-financial, seperti e-commerce dan transportasi online, pun membuat dompet digital sendiri.
Fenomena menjamurnya dompet digital ini mengindikasikan bahwa masyarakat Indonesia pada dasarnya sudah bersiap menuju era cashless payment. Memang, transaksi tunai masih tetap mendominasi hingga 90% dari keseluruhan transaksi. Namun, tren penggunaan alat bayar nontunai terus tumbuh dari waktu ke waktu.
Meski begitu, masih ada beberapa kendala bagi para pengguna dompet digital dan menjadi barrier bagi mereka yang ingin menggunakannya. Kendala paling sering adalah aksesbility dari suatu dompet digital yang terbatas. Misalnya, dompet digital keluaran e-commerce hanya bisa digunakan di e-commerce itu.
Sebagai solusi atas masalah tersebut EMTEK Group bekerja sama dengan Ant Financial mengenalkan dompet digital DANA yang merupakan platform terbuka. Jelasnya, DANA bisa digunakan di beragam platform, mulai dari e-commerce, transportasi online, hingga offline store. “DANA merupakan solusi untuk semua transaksi digital nontunai, baik online maupun offline yang merupakan asli karya anak bangsa,” kata Vincent Iswara, CEO DANA, saat pengenalan DANA, hari ini (21/03/2018).
Ia menambahkan bahwa DANA merupakan dompet digital yang mengutamakan teknologi terdepan, pintar, dan aman. DANA bisa melakukan analisis kebiasaan pengguna, sehingga bila terjadi perubahan kebiasaan akan melakukan antisipasi. Sebagai contoh, pemilik akun DANA biasa beli pulsa sebulan 2 kali dengan nilai pulsa 100 ribu. Pada suatu ketika pengguna melakukan pembelian ketiga dengan nominal berlipat, maka DANA akan mengirimkan form password untuk memastikan bahwa pembelian ketiga itu dilakukan oleh si pemilik akun itu.
“Selain itu, menggunakan data center dan data recovery center yang ada di Indonesia. Dan, kami juga sudah mendapat sertifikasi tertinggi dalam dunia financial terkait penggunaan layanan digital,” tambah Vincent. Saat ini, DANA masih berwujud beta version dan akan menjadi full version dalam waktu dekat.
Untuk melengkapi experience pelanggan dalam penggunaan dompet digital, DANA pun hadir di layanan messenger BBM. Lewat BBM, pengguna DANA bisa melakukan transfer ke sesama pengguna BBM. “Kehadiran DANA lewat fitur BBM ini diharapkan dapat membuat masyarakat Indonesia memiliki pengalaman yang menarik ketika melakukan transaksi nontunai yang transparan, aman, dan efisien,” tegasnya.
Matthew Talbot, CEO Creative Media Works, perusahaan yang mengoperasikan dan menjalankan BBM Consumer secara global, menambahkan bahwa   hadirnya DANA di BBM adalah sebuah bukti inovasi dan evolusi BBM yang akan terus berlanjut. Fitur ini juga diharapkan semakin memperkayan customers experience ketika menggunakan BBM Messenger.
“Kami menatap masa depan yang menjanjikan. Selagi BBM mengembangkan platform jejaring sosial dan menambah konten serta layanannya, solusi pembayaran yang mulus, aman dan terukur akan menjadi bagian penting dari pengalaman pengguna kami,” ujar Matthew.
 

Related