Didapuk Menjadi Agent of Change oleh Kemenkes, Otsuka Group Luncurkan Program Kesehatan Pekerja

marketeers article
Otsuka Run 2024. Sumber: Dokumentasi Otsuka Run

Otsuka Group Indonesia menggelar acara Otsuka Run 2024 dan meluncurkan Program Kesehatan Pekerja sebagai bagian dari kerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Acara ini merupakan tindak lanjut setelah penunjukan Otsuka sebagai agent of change Program Kesehatan Pekerja.

Inisiatif ini sejalan dengan misi Kementerian Kesehatan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan mendorong gaya hidup sehat di tempat kerja. Kerja sama ini diresmikan melalui penandatanganan kesepakatan pada acara Otsuka Run 2024 di Plaza Senayan, Jakarta yang diikuti oleh lebih dari 1000 pekerja Otsuka Group dan ASN Runner dari Kementerian Kesehatan.

Otsuka Group di Indonesia merupakan perusahaan asal Jepang yang terdiri dari PT Otsuka Indonesia, PT Merapi Utama Pharma, PT Lautan Otsuka Chemical, PT Widatra Bhakti, PT Amerta Indah Otsuka, dan PT Otsuka Distribution Indonesia.

Mengusung filosofi perusahaan “Otsuka people creating new products for better health worldwide,” Otsuka tak hanya fokus pada inovasi produk kesehatan, tetapi juga menaruh perhatian besar pada kesejahteraan karyawan. Dengan mendorong pola hidup sehat, Otsuka percaya bahwa tubuh yang sehat adalah kunci untuk mencapai produktivitas optimal di tempat kerja.

BACA JUGA: Inisiatif PT Amerta Indah Otsuka Melalui Program Free TBC at Workplace

Sudarmadi Widodo, HCD & Corporate Communications Director Otsuka Group menyampaikan bahwa perusahaan percaya, pekerja adalah aset paling berharga yang mendorong pola hidup sehat. Sebab itu, perusahaan berinvestasi dalam kesejahteraan dan produktivitas mereka.

“Kolaborasi kami dengan Kementerian Kesehatan mencerminkan dedikasi kami terhadap hal ini dan kami sangat bersemangat untuk memulai perjalanan yang berkelanjutan, menciptakan karyawan yang bugar, produktif, serta lingkungan kerja yang lebih sehat,” jelas Sudarmadi dalam keterangannya yang dikutip Marketeers pada Senin (3/6).

Maria Endang Sumiwi, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dari Kementerian Kesehatan RI menyampaikan apresiasinya atas upaya yang dilakukan Otsuka Group dalam mendorong terciptanya kebiasaan hidup sehat di tempat kerja.

“Kerja sama ini sangat penting sebagai agent of change dan dapat dijadikan contoh bagi perusahaan lain untuk turut serta melakukan hal yang sama demi mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih sehat,” ujarnya.

BACA JUGA: Pocari Sweat Run Indonesia 2024 Bidik 30.000 Peserta

Program kesehatan pekerja Otsuka Group ini meliputi pemeriksaan kesehatan berkala, deteksi dini dan penanganan masalah kesehatan, hingga kampanye aktivitas kebugaran dengan membentuk Club Hobbies.

Club Hobbies ini dihadirkan dan mengakomodir berbagai kegiatan olahraga sesuai dengan minat masing-masing, seperti lari, basket, bulu tangkis, tenis, futsal, yoga, zumba, poundfit dan lainnya yang difasilitasi oleh perusahaan. Otsuka Group akan mengorganisir kegiatan rutin mingguan dan acara olahraga untuk mendorong aktivitas fisik para pekerja.

Pemberian edukasi nutrisi oleh ahli gizi juga menjadi bagian penting program ini untuk memberikan panduan tentang kebiasaan makan sehat dan gizi seimbang. Dukungan kesehatan mental juga menjadi inisiatif Otsuka melalui program kesadaran kesehatan mental dan akses layanan konseling untuk kesejahteraan mental pekerja.

Keseluruhan rangkaian kegiatan ini adalah bagian dari komitmen besar Otsuka Group melalui program “Now I’m Healthy & Happy”(NIHH) bersama Kementerian Kesehatan. Otsuka Group juga mendorong terciptanya lingkungan kerja yang sehat dengan mempromosikan kebersihan, kerapihan, dan pola kerja yang lebih sehat.

“Otsuka Run 2024 merupakan Kick-Off program kesehatan pekerja yang dilakukan Otsuka Group bersama Kementerian Kesehatan. Inisiatif ini diharapkan menjadi langkah awal menuju hidup lebih sehat secara berkelanjutan,” tutup Widodo.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related