Dihadiri Menko Perekonomian, Pameran IIMS 2022 Resmi Dibuka

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
31 Maret 2022
marketeers article

Ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 resmi dibuka pada Kamis (31/3/2022). Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Sutarto hadir mewakili Presiden RI Joko Widodo, dalam seremoni yang mengambil tempat di Jakarta International Expo Kemayoran tersebut.

Menko Airlangga dalam sambutannya berharap IIMS Hybrid 2022 memberi dampak positif pada geliat industri otomotof sejak resmi dibuka pada hari ini. Seiring membaiknya hilirisasi di sektor kendaraan bermotor. Salah satu indikator membaiknya hilirisasi adalah membaiknya penjualan kendaraan bermotor ke konsumen Tanah Air.

“Penjualan pada Februari 2022 tercatat 81 ribu unit kendaraan roda empat, dibandingkan tahun lalu naik 65%. Sementara untuk roda sepanjang tahun 2021 mampu terjual hingga 5,1 juta unit serta yang diekspor mencapai 810 ribu unit. Secara keseluruhan sektor otomotif sudah mulai kembali pulih,” kata Airlangga menjelaskan.

Salah satu faktor yang mendorong pemulihan tersebut, menurut Airlangga dalam sambutannya saat IIMS 2022 resmi dibuka, adalah kebijakan insentif Pajak Pembelian Barang Mewah (PPnBM). Kebijakan tersebut masih akan dilanjutkan pada tahun 2022, dengan pengurangan tingkat subsidi dari pemerintah secara bertahap hingga akhir kuartal keempat mendatang. 

“Selain itu pemerintah mendorong percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) sehingga diharapkan tahun ini akan ada tiga pabrikan yang meluncurkan produknya ke pasaran. Untuk tahun ini pemerintah juga mengenalkan carbon tax yang jadi tantangan nantinya bagi industri otomotif,” ujar Airlangga menambahkan.

Usai menyampaikan sambutannya, Menko Airlangga turut menjajal model study car dari Toyota Astra Motor, yakni model Kijang Innova Battery Electric Vehicle (BEV) yang turut dipamerkan sejak IIMS 2022 resmi dibuka. Unit tersebut turut membawa misi eskalasi sumber daya manusia di sektor industri otomotif nasional, terkait kendaraan elektrifikasi.

Sejak resmi dibuka oleh Menko Airlangga, pameran otomotif IIMS Hybrid 2022 akan berlangsung hingga 10 April 2022. Total sebanyak 17 agen tunggal pemegang merek (ATPM) maupun perwakilan produsen baik kendaraan roda dua dan empat turut tampil dalam ajang pameran ini. Beberapa merek yang turut hadir antara lain Toyota, Honda, Suzuki, MG, Hyundai, Royal Enfield, Gesits, hingga Benelli.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related