Dorong Standar Esports, ESL Gaming dan Nielsen Perpanjang Kolaborasi

marketeers article

Perusahaan esports ESL Gaming memperpanjang kerja sama dengan Nielsen. Setelah memulai pada tahun 2019, kedua pihak menyetujui kolaborasi strategis mereka akan terus berlangsung hingga tiga tahun mendatang.

ESL Gaming dan Nielsen berharap kerja sama ini mampu mendorong standar penelitian dalam dunia esports, khususnya dalam hal ini mitra merek ESL Gaming. Dengan demikian, mereka dapat lebih percaya diri untuk mengambil inisiatif untuk perkembangan industri.

Dengan perjanjian yang terbentuk antara keduanya, ESL Gaming akan melaporkan penilaian moneter kepada mitra merek dan pengiklan berdasarkan metodologi Media Indeks Kualitas Nielsen. Dengan demikian memungkinkan untuk menentukan keberhasilan kuantitatif kemitraan dan tolok ukur yang lebih kredibel terhadap esports lain dan olahraga tradisional.

“Hubungan jangka panjang ini telah memberi mitra bisnis kami banyak wawasan mendalam dan banyak data tentang komunitas esports, aktivasi merek, dan return of investment (ROI) yang terukur,” ujar Tobias Vogt, Direktur Operasi Komersial ESL Gaming.

Dengan memperluas kolaborasi dengan Nielsen dan memasukkan lebih banyak program, ESL Gaming ingin terus berinovasi di dalam ekosistem esports dan industri yang luas. Sebab itu, mereka optimistis dengan perpanjangan kerja sama guna terus berbagi pengetahuan dengan mitra di masa mendatang.

Cakupan hubungan bisnis keduanya telah diperluas dan melibatkan lebih banyak siaran per platform dan saluran. Sebut saja ESL Pro Tour di properti DOTA 2 CS:GO.

Kolaborasi ini pun fokus pada empat bidang utama. Masing-masing, yakni valuasi media dan sponsor, analisis komunitas dan penggemar, matriks standar, serta mobile gaming dan esports.

Pada valuasi media dan sponsor, kedua pihak akan berkonsentrasi pada pengukuran nilai untuk mitra merek dan media di seluruh platform streaming live utama. Selain itu juga memberikan gambaran tentang nilai audiens yang dicapai oleh mitra.

Untuk analisis komunitas dan penggemar, Nielsen akan membantu ESL Gaming melakukan analisis penelitian terhadap audiens esports. Hasilnya adalah insight terkait konsumen secara kuantitatif dan kualitatif.

Sedangkan pemanfaatan matriks standar dilakukan untuk mengukur kepemirsaan esports dan tolok ukur di semua platform live streaming global dan lokal. Selain itu, ada pula penilaian Snapdragon Pro Series ESL Gaming untuk mengevaluasi siaran dan integrasi mitra secara langsung dalam mobile game.

“Kami bekerja sama dengan ESL Gaming untuk lebih memahami tantangan mereka untuk memberikan data terbaik dan bermanfaat seputar penilaian mitra dan perilaku konsumen dalam industri hiburan yang berkembang pesat di seluruh dunia,” tutur Timo Kurger, Commercial Director Esport & Gaming Nielsen Esports.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related