Dukung Startup Energi, New Energy Nexus Gelar [RE]Spark 2022

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
02 Juni 2022
marketeers article
Dukung Startup Energi, New Energy Nexus Gelar [RE]Spark 2022 (FOTO: Marketeers/Bernadinus Adi Pramudita)

New Energy Nexus menggelar Festival Energi Terbarukan [RE]Spark 2022 untuk mendorong pertumbuhan startup atau perusahaan rintisan di bidang energi di Indonesia. Festival yang mengusung tema ‘Accelerating Transition and Igniting Innovation’ ini diselenggarakan untuk mendukung dan mempercepat adopsi energi terbarukan dan inovasi ramah lingkungan.

Digelar selama 2-3 Juni 2022, acara ini dibagi menjadi tiga rangkaian kegiatan yakni Hackathon, ajang kompetisi pengembangan inovasi dan bisnis startup dalam menemukan solusi permasalahan iklim. Lalu pameran yang menghadirkan 23 perusahaan rintisan yang memamerkan inovasi/produknya. Tak hanya itu, ajang ini juga membuka sesi Investment Speed Dating, yakni sesi yang mempertemukan startup dengan calon investor, serta diskusi interaktif terkait energi terbarukan dalam sesi Workshop dan seminar.

“New Energy Nexus mendukung beragam wirausaha/startup energi bersih, mulai dari teknologi baru hingga penerapan dan adopsi energi bersih melalui program akselerator, pendanaan, dan ekosistem. Kami memahami bahwa memberikan sumber daya yang tepat kepada wirausaha/startup pada waktu yang tepat akan membuka solusi energi bersih yang dibutuhkan dunia untuk mengatasi krisis iklim,” kata Danny Kennedy, Chief Energy Officer New Energy Nexus ketika pembukaan acara, Kamis (2/6/2022).

Di sis lain, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia berharap dengan berkembangnya perusahaan rintisan energi, pertumbuhan tersebut juga akan berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi hijau di Indonesia.

“Saya berharap dengan banyaknya startup yang bergabung dalam Festival Energi Terbarukan [RE]Spark yang diselenggarakan oleh New Energy Nexus Indonesia dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi dan terciptanya ekonomi berbasis energi bersih di Indonesia,” ujar Sandiaga.

Festival Energi Terbarukan [RE]Spark juga membuka kesempatan bagi para inovator dan startup memamerkan produk, layanan dan karya mereka dalam proses dekarbonisasi dan menuju transisi 100% untuk 100% energi bersih Indonesia, termasuk target nol emisi karbon. Ada lebih dari 30 inovator dan perusahaan rintisan energi terbarukan dari berbagai bidang, seperti energi bersih, e-mobility, akses energi, digitalisasi energi, customer experience, dan inovasi model bisnis.

Pada hari kedua acara Festival Energi Terbarukan [RE]Spark 2022, sebanyak 10 startup peserta program Hackathon akan mempresentasikan ide, inovasi dan karya mereka pada sesi Demo Day dihadapan lima juri. Juri akan memilih tiga tim terbaik dan 1 tim favorit di ajang Hackathon 2022 yang menyediakan total hadiah Rp 100 juta.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related