Dukung Transformasi Digital, IOH Luncurkan Layanan 5G di Bali

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
04 Agustus 2022
marketeers article
Layanan 5G IOH resmi hadir di Bali (Sumber: Indosat Ooredoo Hutchison)
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) secara resmi melakukan peluncuran layanan 5G di Bali. Dihadirkannya layanan 5G di Bali ini dilakukan dalam rangka mendukung agenda Presidensi G20 serta transformasi digital di Indonesia.
Bali menjadi lokasi ke-6 yang dipilih oleh IOH untuk menyediakan layanan 5G setelah sebelumnya diluncurkan di lima kota, yakni Surakarta, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan. Sebagai kota yang identik dengan pariwisata, peluncuran layanan 5G ini dapat berdampak pada perkembangan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat lokal serta sebagai daya tarik tambahan bagi wisatawan. 
“IOH berkomitmen untuk berperan penting dalam revolusi 5G untuk mendukung agenda transformasi Indonesia. Peluncuran ini menjadi bentuk dukungan kami kepada Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20, sekaligus mendukung pemulihan ekonomi dan pariwisata di Bali,” ujar President Director & CEO of Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha dalam keterangan tertulis Indosat Ooredoo Hutchison.
Peluncuran layanan 5G IOH ini juga menghadirkan use case pemanfaatan teknologi 5G di beberapa sektor yang relevan untuk pemulihan Bali seperti di sektor pariwisata, pertanian, kesehatan, tata kota, dan pelaku UKM. Beberapa wujud use case tersebut pada Smart Tourism adalah Naked-eye 3D, Mixed reality entertainment dan bullet moment. Untuk Digital Agribusiness diwujudkan dalam bentuk smart irrigation and fertilizer dan smart agricultural tools.
Pada penggunaan Smart City & Environment, use case tersebut digunakan untuk sensor management, SPARING Smart Environment Monitoring, fleet management berupa mobility as a service for electronic vehicle. Pada Smart Healthcare berupa serviks and stunting monitoring. Seluruh use case tersebut didukung oleh para rekan mitra seperti Huawei, Habibi Garden, Temara, Sensync, Rakata, dan Data28.
Seperti pada peluncuran layanan 5G IOH di lima kota sebelumnya, ajang peluncuran di Bali juga akan sekaligus mengenalkan solusi jaringan 5G, yakni 1 Gbps FDD 5G Massive MIMO. Solusi teknologi ini dapat meningkatkan kapasitas trafik data serta pengalaman pengguna secara signifikan. 
“Kami berharap, ke depannya Indosat ooredoo Hutchinson dapat terus mengembangkan layanan 5G ini di berbagai destinasi di Indonesia, khususnya destinasi pariwisata super prioritas dan unggulan lainnya,” tutur Vikram.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related