Fujifilm Rilis INSTAX SQUARE Link, Bidik Tren Fotografi Anak Muda

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
21 November 2022
marketeers article
Fujifilm Rilis INSTAX SQUARE Link, Bidik Tren Fotografi (FOTO: Fujifilm Indonesia)

Perusahaan fotografi Fujifilm meluncurkan INSTAX SQUARE Link dan INSTAX SQUARE Link App di Indonesia untuk merespons tren fotografi yang berkembang di kalangan muda-mudi. Tren fotografi di kalangan remaja sebagai alat ekspresi diri, dan tren penyimpanan foto dalam bentuk fisik, bingkai, hingga album menjadi dua faktor pendorong berkembangnya pasar untuk kamera instan.

Pasar kamera cetak Instan di seluruh dunia diperkirakan tumbuh dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) 2,4% selama periode 2021 hingga 2029, mulai dari US$ 0,96 miliar pada tahun 2020.

“Kini, kami membawa inovasi terbaru yaitu INSTAX SQUARE Link dan INSTAX SQUARE Link App ke Indonesia. Bersama dengan peluncuran ini kami juga memperkenalkan kampanye “Go Beyond the Frame” yang bertujuan menginspirasi pengguna untuk selalu think outside the box dan menciptakan foto INSTAX yang unik,” kata Presiden Direktur Fujifilm Indonesia, Masato Yamamoto dalam siaran persnya, Senin (21/11/2022).

BACA JUGA: Perhatikan Hal Ini saat Mengambil Foto Produk

SQUARE Link merupakan perangkat printer smartphone terbaru dari format Square yang dapat mencetak foto berbentuk persegi. INSTAX Link Series dapat dihubungkan ke smartphone menggunakan aplikasi miliknya dan koneksi Bluetooth.

Setelah dihubungkan, pengguna dapat mencetak berbagai foto yang tersimpan dalam smartphone di mana saja dan kapan saja dengan hasil cetakan. INSTAX SQUARE Link ini dilengkapi dengan tiga fitur unggulan terbaru yaitu, cetak foto, AR Print dan INSTAX Connect.

BACA JUGA: Menilik Perkembangan Industri Fotografi di Era Digital

Dalam fitur cetak foto dan cetak foto dari video, pengguna dapat memperbesar, mengecilkan atau merotasi image, menambahkan filter dan menyesuaikan kecerahan image yang akan dicetak dengan mudah. Video yang tersimpan dalam smartphone juga dapat diunggah ke aplikasi sehingga memudahkan untuk pemilihan frame yang akan dicetak.

Fitur AR Print memungkinkan pengguna mengekspresikan diri melalui foto dan membuat pesan bergambar dalam hasil cetakan. Fitur AR Print dapat diakses melalui aplikasi. Tersedia lima jenis efek dari fitur AR yaitu Add special FX, Add Photo, Add Background, Add Doodle, dan Add Text. Pengguna dapat menyimpan foto dalam format video ataupun still image, atau mengunggahnya di media sosial.

Fitur INSTAX Connect dalam INSTAX SQUARE Link app dapat menambahkan tampilan chat message pada foto yang dapat disimpan pada smartphone ataupun dicetak. Kamera instan baru ini hadir dalam dua warna yang berbeda: Ash White dan Midnight Green dengan harga Rp 2.399.000. Sudah bisa dibeli mulai hari ini di showroom Fujifilm ataupun melalui e-commerce.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related