Automotive

GM: Tren Warna Mobil Akan Semakin Meriah

Chevrolet Trax

Dinamika yang terjadi di segmen mobil menengah atas hingga premium tetap menarik untuk disimak, meski terbilang niche market. Terutama, tentang kemewahan yang ditawarkan oleh produk-produk di segmen ini dan tren-tren yang sedang muncul.  Tidak terkecuali soal tren warna. Secara umum, mobil berwarna dasar seperti hitam, putih, dan perak masih menjadi primadona.

Memang, di luar ketiga warna itu, terdapat warna-warna lain yang juga memiliki daya tarik. Bukan sekadar gaya, ada upaya strategis yang dilakukan oleh beberapa pemain, seperti Chevrolet, BMW, atau Mercedes-Benz untuk menampilkan warna-warna lain.

Hasil riset yang dilakukan General Motors mengungkapkan, tren warna mobil di Asia masih didominasi oleh warna merah, putih, hitam, perak yang lebih cerah dan abu-abu yang cenderung gelap. Warna-warna ini dianggap bisa mempertahankan harga jual sebuah mobil di pasaran mobil bekas.

Padahal, sebagian konsumen lain mulai menginginkan warna-warna yang lebih cerah untuk mengekspresikan kepribadian mereka. Dengan alasan inilah, para desainer GM  mempersiapkan beragam warna-warna trendi kepada konsumen, seperti Merry Berry Me Metallic pada varian Spark atau Coppertino untuk Sport Utility Vehicle (SUV) Trax. Warna ini pun tidak tersedia pada model lain.

“Untuk menghadirkan pilihan warna yang tepat, kami selalu mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari naik-turunnya permintaan, hingga tren penggunaan warna pada perangkat elektronik, fesyen, perabot rumah tangga, dan  aspek-aspek lainnya yang dapat membuat kendaraan terlihat lebih menarik,” kata Hongki Kim, Color & Trim Chief Designer GM Korea.

GM pun bekerja sama dengan para pemasok cat eksterior guna menghasilkan pola warna yang tepat. Beberapa dari mereka secara rutin mengeluarkan temuan mengenai tren-tren warna terkini yang kemudian menjadi pertimbangan GM dan produsen kendaraan lainnya.

Bahkan, setiap tahun, mereka mengumpulkan para desainer spesialis warna dan striping di General Motors (GM) Design Center, Amerika Utara untuk mendiskusikan warna-warna pilihan yang akan digunakan pada mobil baru mereka.

Axalta, salah satu pemasok cat mobil, belum lama ini memenangkan gelar Automotive Color of the Year melalui warna golden-bronze “Sahara” karena berhasil merepresentasikan kehangatan, kekayaan, dan kekuatan. Chevrolet sempat memperkenalkan warna hampir serupa bernama Coppertino sebagai warna andalan untuk model Trax di Indonesia tahun lalu.

Bagi sebagian orang, warna mobil memiliki arti tertentu. Contohnya, warna merah yang dianggap melambangkan kebahagiaan dan nilai-nilai positif. Warna putih mencerminkan suatu babak baru dan teknologi pintar. Sedangkan warna hitam menunjukkan kekuatan serta kemewahan.

Bahkan, beberapa warna dianggap bisa membawa keberuntungan atau hoki bagi sang pemilik. Berdasarkan kalender Tahun Baru China pada tahun 2019, warna terang menyala, seperti merah, orange, pink, putih dan emas diyakini dapat memberikan keberuntungan dan memiliki pengaruh besar di sejumlah negara.

Dalam keterangan tertulisnya, Chevrolet Indonesia mengatakan, GM mengaplikasikan warna di mobil-mobilnya berdasarkan masukan dari pengguna dan pemasok, serta analisis tren warna mobil, yang saat ini dinamis dan terus berubah seiring perkembangan zaman.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X








To Top