Technology

Good Doctor dan AXA Berikan Konsultasi Psikolog Gratis

SUMBER: GOOD DOCTOR

Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) dan AXA Financial Indonesia meluncurkan program Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA gratis untuk pemegang polis asurasi AXA Financial Indonesia. Program ini juga sebagai cara Good Doctor dan AXA dalam merayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia.

“Pandemi COVID-19 menimbulkan ketidakpastian yang berdampak pada masalah kesehatan mental yang terus meningkat. Peluncuran layanan ini diharapkan dapat turut memberikan solusi terhadap masalah kesehatan mental di Indonesia,” kata Dany Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) melakukan survei swa periksa (self check) psikologis yang diikuti 4.010 responden dari seluruh Indonesia. Survei menunjukkan 65% dari responden mengaku memiliki kecemasan, 62% mengalami depresi, dan 80% menunjukkan gejala trauma psikologis yang disebabkan pengalaman tidak menyenangkan terkait pandemi.

PDSKJI juga menyebut bahwa orang yang melakukan konsultasi kesehatan mental kerap mendapat stigma negatif, yang menyebabkan mereka tidak nyaman untuk mengecek kesehatan mental mereka. Padahal, sangat penting untuk mengecek kesehatan mental, terutama selama pandemi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sementara itu, dari segi ketersediaan tenaga psikolog, Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK) menyebutkan, jumlah psikolog klinis yang tersebar di Indonesia saat ini hanya sebanyak 2.782 orang. Dari sisi persebarannya pun masih terpusat di kota-kota besar, dengan hampir 70% berada di pulau Jawa dan sebanyak 20% terkonsentrasi di Jakarta.

“Perubahan drastis di elemen masyarakat yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 menyebabkan lonjakan pada masalah kesehatan mental, hal ini terbukti dari jumlah konsultasi psikolog di aplikasi kami yang meningkat tujuh kali lipat dibandingkan bulan april atau awal pandemi,” kata Danu.

Dengan teknologi, Danu berharap dapat menjangkau lebih banyak individu yang membutuhkan bantuan tenaga profesional kesehatan mental. Layanan ini juga diharapkan dapat menjadi ruang yang aman bagi mereka yang membutuhkan konsultasi kesehatan mental.

“Layanan kami juga tersedia 24/7 dan dapat langsung menghubungkan pengguna dan mitra psikolog klinis secara privat. Layanan telemedis ini juga memiliki peran dalam melawan stigma negatif bagi masyarakat yang ingin mengecek kesehatan mental,” tambah Danu.

Pada kemitraan ini, Good Doctor akan menyediakan layanan telemedis bagi pengguna asuransi AXA Financial Indonesia. Layanan konsultasi dengan psikolog dapat diakses oleh pemegang polis AXA di aplikasi Grab. Sebelum melakukan konsultasi, pemegang polis perlu melakukan validasi akun terlebih dahulu melalui menu Get Insurance Benefits atau Ambil Manfaat Asuransi pada halaman utama.

Pengguna dapat memilih AXA di bagian Insurance & Corporate atau Asuransi dan Perusahaan kemudian masukan nomor polis dan data pribadi untuk validasi akun.

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top