Google Dikabarkan Sedang Uji Coba ChromeOS di Android

marketeers article
Ilustrasi ChromeOS. (FOTO: 123RF)

Google dikabarkan sedang menguji coba sistem operasi ChromeOS di platform Android. Hal ini dilakukan untuk menguji aksesibilitas dari operating system (OS) tersebut.

Selama ini, Android dan ChromeOS sudah memiliki ‘kandang’ masing-masing dan sudah cukup mapan di ekosistemnya sendiri.

Dari laporan Phandroid pada Selasa (14/5/2024), Google sedang menguji coba ChromeOS di dalam sistem operasi Android melalui Android’s Virtualization Framework. Tapi, laporan tidak menyebut apakah uji coba ini akan dirilis kepada publik nantinya.

BACA JUGA: Jelang Google I/O, Ini Sederet Update Android yang Bakal Dipamerkan

Rumor seperti ini bukan pertama kalinya terdengar. Sebelumnya pada tahun 2016, Google juga dikabarkan sedang membuat proyek baru yang dinamai Andromeda.

Andromeda adalah proyek yang menggabungkan sistem operasi Android dengan ChromeOS. Pada waktu itu, rencananya Andromeda akan ditanamkan pada Android 8.0.

Beberapa vendor smartphone pada waktu itu juga dikabarkan sudah memiliki dev kits untuk Andromeda. Selain itu, kabarnya perangkat yang mendukung Andromeda akan dirilis pada paruh kedua tahun 2017.

Namun, nampaknya kabar tersebut hanya kabar angin, karena tidak adanya realisasi dari proyek tersebut.

BACA JUGA: Dongkrak Keamanan lewat AI, Google Hadirkan Google Threat Intelligence

Belum jelas juga tujuan dari uji coba ChromeOS di perangkat Android. Sejauh ini, Google terlihat lebih berfokus pada peningkatan kualitas kecerdasan buatannya yang dinamai Gemini.

Selain itu, pada Selasa (14/5/2024) pukul 23.00, Google akan menggelar konferensi pengembang tahunannya, Google I/O. Ajang tersebut biasanya menjadi tempat pamer untuk Google mempertontonkan perangkat baru, atau mungkin sistem operasi baru seperti Android 15.

Android 15 menjadi sistem operasi yang sudah ditunggu banyak pengguna Android. Karena sudah melalui masa pratinjau dari sejumlah pengembang, sistem operasi ini diharapkan akan dirilis untuk publik pada acara Google I/O nanti.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related