Hadapi Polusi Udara, 5 Makanan ini Mampu Jaga Kesehatan Paru-paru

marketeers article
Ilustrasi makanan untuk kesehatan paru-paru. (Sumber: 123rf)

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Karena, makanan sehat kaya nutrisi diyakini bisa menetralisir racun dan membuat paru-paru jadi lebih sehat.

Apalagi, di tengah polusi udara yang tengah menyerang Jakarta seperti sekarang. Menjaga kesehatan paru-paru menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan.

Melansir dari laman Healthline, berikut ini sederet pilihan makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru.

BACA JUGA Cuaca Panas Ekstrem dan Polusi Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

1. Labu

Buah yang satu ini bisa menjadi pilihan makanan yang dikonsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Labu mengandung berbagai senyawa tanaman yang diklaim bisa meningkatkan kesehatan paru-paru. Sebut saja karotenoid termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang diyakini bersifat anti-inflamasi.

2. Sayuran hijau

Agar paru-paru tetap sehat, perlu juga untuk mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, lobak, kangkung dan sayuran hijau lainnya. Jenis sayuran yang satu ini diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker paru-paru.

Bahkan, sebuah studi membuktikan bahwa sayuran hijau baik untuk paru-paru. Karena, sayuran hijau memiliki kandungan karotenoid yang bersifat antioksidan dan sangat berguna untuk kesehatan paru-paru.

3. Tomat

Buah ini disebut sebagai sumber lycopene yang berkaitan dengan kesehatan paru-paru. Mengonsumsi tomat dan produk tomat lainnya dapat memperbaiki peradangan saluran napas.

Tak hanya itu, tomat dapat menurunkan risiko kematian bagi penderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Hal ini berkat kandungan lycopene di dalamnya. Bahkan, manfaat ini lebih terasa bagi orang yang dulunya merokok.

BACA JUGA Waspada! Kenali Gejala dan Penularan Antraks pada Manusia

4. Produk susu

Pilihan menu makanan lainnya yang baik untuk kesehatan paru-paru adalah produk susu. Penelitian menunjukkan, minum susu dan mengonsumsi produk susu lainnya dapat menurunkan kemungkinan kematian akibat kanker paru-paru. Kecuali bagi yang alergi terhadapnya, produk susu memiliki sifat anti-inflamasi.

5. Buah beri

Buah beri seperti blueberry dan stroberi kaya akan kandungan flavonoid yang disebut antosianin. Kandungan tersebut  yang memberi warna dan juga merupakan antioksidan yang kuat.

Sebuah studi menunjukkan, pigmen warna ini dapat memperlambat penurunan fungsi alami paru-paru seiring bertambahnya usia. Dalam sebuah penelitian, pria yang makan setidaknya dua porsi blueberry seminggu mengalami penurunan fungsi paru-paru lebih sedikit daripada mereka yang makan lebih sedikit atau tidak makan blueberry.

Demikian beberapa makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi guna menjaga kesehatan paru-paru.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related