Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik Pertama yang Dirakit di Indonesia

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
17 Maret 2022
marketeers article
Hyundai Motor Company mempersiapkan perakitan model mobil listrik Ioniq 5 dalam pabrik yang dikelola oleh Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Cikarang, Jawa Barat. Model tersebut sekaligus menjadi kendaraan elektrifikasi pertama yang dirakit di Tanah Air.
Perakitan model Hyundai Ioniq 5 dalam fasilitas pabrik di Indonesia, juga akan dibarengi produksi varian lain yakni Genesis Electrified G80. Dua tipe mobil tersebut rencananya menjadi kendaraan pendukung perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara anggota G20 di Bali.
“Hyundai akan terus berkontribusi dalam pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui sinergi pabrik baterai yang sedang kami kembangkan. Kami berharap teknologi baru yang diusung Hyundai di masa mendatang akan menjadi pondasi untuk kolaborasi yang jauh lebih besar antara Hyundai dan Indonesia,” kata Euisun Chung, Executive Chair Hyundai Motor Group, dalam keterangan resminya.
Momen persiapan produksi mobil listrik Hyundai Ioniq 5 juga disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, yang melakukan kunjungan ke pabrik tersebut pada Rabu (16/3/2022). Dalam sambutannya, Presiden menyebut hasil produksi mobil listrik dari fasilitas produksi milik Hyundai, termasuk Ioniq 5, juga disiapkan untuk pasar ekspor.
“Saya berharap Hyundai Ioniq 5 akan menjadi milestone penting dalam pengembangan mobil listrik di Indonesia. Kita harus menjadi pemain penting dalam global supply chain di industri mobil listrik global karena Indonesia memiliki kapasitas berupa material utama untuk kendaraan listrik,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.
Transisi moda transportasi dari kendaraan berbahan bakar fosil menuju penggunaan mobil listrik yang ramah lingkungan, menjadi salah satu program utama pemerintah di masa mendatang. Presiden Jokowi menyebut kendaraan elektrifikasi juga digadang sebagai tumpuan mobilitas masyarakat di Ibu Kota Negara, Nusantara, nantinya.
Melihat rekam jejaknya, Hyundai telah lebih dulu memasarkan unit mobil listrik Ioniq 5 dan Kona Electric sejak November 2020. Sepanjang tahun 2021, dua varian itu telah terjual sebanyak 605 buah ke tangan pelanggan di Tanah Air. Kontribusi dari model keluaran Hyundai itu itu mencapai 87,3% dari penjualan ritel kendaraan listrik di Indonesia pada periode serupa. 
Wilayah pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia menempati lahan seluas 77,7 hektare, serta dilengkapi fasilitas Mobility Innovation Center. Selain mempersiapkan proses perakitan mobil listrik Ioniq 5 secara lokal, Hyundai sudah lebih dulu memulai perakitan kendaran model sport utility vehicle (SUV) Creta dalam pabrik yang sama.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related