IIMS Hybrid 2022 Ditunda Hingga Maret, Akibat PPKM Level 3

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
07 Februari 2022
marketeers article
JAKARTA Indonesia. May 02, 2018: Crowded visitors visiting Wuling Motors booth at the exhibition of Indonesia International Motor Show
Pihak penyelenggara pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, Dyandra Promosindo, menyampaikan giat pameran otomotif tersebut ditunda hingga Maret mendatang. Penangguhan ajang pameran otomotif yang semula akan diadakan pada 17-27 Februari 2022 itu, dilakukan akibat kondisi PPKM level 3 untuk wilayah DKI Jakarta yang diumumkan pada Senin (7/2/2022).
Keputusan gelaran IIMS Hybrid 2022 yang ditunda menjadi 31 Maret hingga 10 April tersebut, sebelumnya telah disiapkan oleh pihak promotor bersama pengelola JIExpo Kemayoran sebagai lokasi acara. Langkah menggeser tanggal pelaksanaan event pameran otomotif nasional itu, menjadi sikap Dyandra Promosindo dalam mengutamakan faktor kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan semua pihak yang terlibat.
“Kami selalu memantau perkembangan dari penularan Covid-19. Segala langkah telah kami pertimbangkan termasuk saran dan masukan dari calon exhibitors yang juga memiliki perhatian serupa terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo dalam keterangan resminya.
“Sebagai upaya mengambil tindakan preventif, kami menggeser pelaksanaan IIMS 2022 tetap di semester satu tahun ini, yaitu 31 Maret hingga 10 April 2022. Kami berharap hal ini dapat berkontribusi untuk membantu pencegahan penularan Covid-19 di DKI Jakarta,” ujar Hendra menambahkan.
Terlepas harus mengambil keputusan pahit mengenai IIMS Hybrid 2022, yang ditunda hingga Maret mendatang, Hendra tetap berharap situasi semakin kondusif. Ia juga menegaskan pihak Dyandra Promosindo akan selalu patuh pada anjuran pemerintah dalam penanggulangan penyebaran Covid-19, termasuk di kawasan Ibu Kota.
Sebelumnya, pengumuman kenaikan tingkat PPKM menjadi level 3 untuk kawasan Jabodetabek, DIY, Bali, dan Bandung Raya disampaikan oleh Menkoparives Luhut Binsar Pandjaitan. Hal tersebut memunculkan kembali beberapa pembatasan kegiatan seperti jumlah pekerja yang masuk kantor, hingga penutupan sementara beberapa ruas jalan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya pada pukul 00.00 hingga 04.00 WIB.
Giat pameran IIIMS Hyvrid 2022 yang ditunda sampai Maret nanti, sedianya turut menghadirkan berbagai produsen kendaraan baik mobil maupun motor. Ajang ini dimaksudkan untuk semakin menggairahkan industri otomotif Indonesia, yang mampu mencatatkan sentimen positif berkat lonjakan penjualan pada tahun 2021 lalu. 
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil di Tanah Air pada periode Januari hingga Desember 2021 mencapai 863.359 unit. Angka itu meningkat 66,6 persen jika dibandingkan dengan kurun waktu serupa pada tahun 2020 yang hanya mencapai angka 532.407 unit kendaraan.
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related