IKEA Luncurkan Fitur Desain Berbasis AI, IKEA Kreativ Scene Scanner

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
24 Juni 2022
marketeers article
IKEA menghadirkan fitur baru bernama IKEA Kreativ Scene Scanner (Sumber: IKEA)
IKEA kembali menghadirkan fitur yang memudahkan konsumen berbelanja furniture secara digital. Melalui Ingka Group, IKEA meluncurkan fitur IKEA Kreativ Scene Scanner dalam aplikasi iOS dan website mereka. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus furniture dan memvisualisasikan furniture IKEA di rumah mereka.
IKEA Kreativ Scene Scanner merupakan fitur berbasis teknologi AI yang akan memindai ruangan dan membuat replika 3D dari ruangan tersebut. Dari hasil pemindaian tersebut, pengguna dapat mengubah tatanan ruangan dengan menghapus dan mengganti furniture yang ada di dalam ruangan.
“Melalui teknologi dari Geomagical Labs yang inovatif serta pengalaman digital yang dimiliki IKEA, kami percaya IKEA Kreativ akan mendobrak hambatan dalam berbelanja perabotan rumah. Fitur ini dapat memberdayakan pengguna untuk mengubah inspirasi tata ruang menjadi bentuk yang lebih nyata sehingga mereka dapat mendesain rumah sesuai dengan keinginan,” ujar Parag Parekh, Co Acting Chief Digital Officer Ingka Group mengutip dari siaran tertulis IKEA.
Pemindaian yang dilakukan oleh fitur IKEA Kreativ Scene Scaner di aplikasi iOS IKEA menggunakan teknologi LiDAR agar tangkapannya lebih akurat. Teknologi tersebut terdiri dari AI dan computer vision yang canggih. Teknologi ini dibangun secara khusus untuk menghasilkan gambar replika 3D ruangan dengan skala dan sudut yang akurat. 
Fitur ini dapat mengenali objek dan geometri ruang dalam ruangan. Selain itu juga memiliki algoritma penglihatan stereo untuk mengubah ruangan ke dalam 3D. Agar semakin immersive, terdapat algoritma fotografi komputasi untuk menyediakan fotografi yang luas dan grafik 3D realitas campuran untuk menghasilkan realisme. 
Bagi pengguna yang tidak ingin melakukan pemindaian ruangan, IKEA juga menghadirkan solusi pada fitur ini. IKEA menyediakan lebih dari 50 ruang virtual yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur IKEA Kreative tanpa harus melakukan pemindaian ruangan. Namun, fitur ini hanya dapat digunakan melalui website. 
Untuk saat ini, fitur IKEA Kreative Scene Scanner baru tersedia di Amerika Serikat. Fitur ini dapat diakses secara gratis melalui aplikasi iOS IKEA atau untuk pengguna laptop melalui website IKEA. IKEA merencanakan fitur ini akan tersedia di negara lain pada tahun depan. IKEA juga akan mengembangkan fitur IKEA Kreative Scene Scanner untuk aplikasi IKEA di Android.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related