Retail & Property

Investasi Properti di Jakarta Barat Lebih Seksi Dibanding Jakarta Selatan? Ini Lima Faktanya

Properti masih menjadi salah satu investasi andalan banyak orang. Jika Anda termasuk dalam konsumen properti yang sudah mengalokasikan dana khusus dan sedang dalam pencarian target investasi, coba kenali lebih dekat wilayah Jakarta Barat. 

Bisa dibilang, kawasan ini terus tumbuh dengan fasilitas super lengkap serta geliat ekonomi yang sangat sibuk sepanjang hari. Untuk tempat tinggal maupun bisnis, properti di Jakarta Barat adalah primadona para pencari cuan di sektor properti. Berikut sejumlah faktor -yang dikutip dari laporan Dekoruma- yang bisa memperkuat alasan Anda meraup untung dari kawasan ini, dengan mulai mencari hunian dijual di Jakarta Barat.

Infrastruktur baru

Beroperasinya Jalur Tol Lingkar Luar Jakarta Wilayah 2 alias JORR (Jakarta Outer Ring Road) 2 menambah kemudahan akses dari daerah Joglo dan Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, menuju tol Jagorawi hingga Bandara Soekarno Hatta. 

Pada Natal dan Tahun Baru nanti, jalur Cengkareng-Kunciran diperkirakan sudah bisa Anda nikmati. Bahkan jika tak ada halangan, jalur JORR 2 sepanjang 109,57 kilometer yang melintas dari Bandara Soekarno Hatta, melewati Jakarta Barat, Cinere, Cimanggis hingga Tanjung Priok akan rampung sepenuhnya awal tahun 2021. Anda dapat membayangkan nilai jual properti yang terangkat setelah jalur ini resmi dibuka. 

Fasilitas mumpuni

Bangunan bisnis dan tempat tinggal di Jakarta Barat bak jamur di musim hujan. Para pebisnis pun membangun fasilitas pendukung kehidupan masyarakat, seperti rumah sakit, universitas unggulan, hingga kawasan bisnis perkantoran. Rumah Sakit Atmajaya, misalnya, memiliki fasilitas detektor kerusakan otak dini, yang jarang ditemui di rumah sakit di Indonesia. 

Atau Pusat Jantung Nasional Harapan Kita telah dipercaya para pasien dari berbagai negara dengan fasilitas dan ahli ternama. Juga, Universitas Bina Nusantara, Universitas Trisakti masuk dalam deretan kampus terbaik di Indonesia dengan kualitas lulusan yang diakui dunia. Tak kalah dengan Jakarta Selatan, kan?

Akses transportasi yang mudah

Jika Anda membandingkan akses menuju kawasan ini dengan Jakarta Selatan, Jakarta Barat mungkin kalah telak karena tak ada MRT. Namun kereta cepat bandara yang melintasi Jakarta Barat tak ada lawan. Hanya dalam waktu 11 menit, Anda dapat tiba di Bandara dari Stasiun Batu Ceper, Jakarta Barat. 

Dan 46 menit saja untuk tiba di Stasiun BNI City, untuk menjawab mobilitas para pekerja di jantung kota. Jalur commuter line pun memanjakan para pekerja yang melewati kawasan Kalideres, Grogol dan Pesing. 

Pusat pertumbuhan bisnis baru

Berbagai korporasi mulai merelokasi layanan bisnisnya ke kawasan barat Jakarta, termasuk kawasan Alam Sutera yang memiliki akses mudah ke Jakarta Barat. Selain itu, lokasi yang relatif dekat dengan bandara juga menumbuhkan aktivitas bisnis perusahaan lokal yang bergerak di sektor perdagangan dan manufaktur yang terkait dengan logistik dan ekspedisi. 

Kultur pengusaha di Jakarta Barat pun kian berubah seiring terlibatnya generasi baru dalam bisnis. Mereka yang dulu menempati ruko-ruko dan rumah yang dijadikan kantor, kini menempati ruang perkantoran yang semakin mudah ditemui di kawasan ini. 

Berbeda dengan kultur bisnis di Jakarta Selatan yang berskala besar, para pengusaha di Jakarta Barat umumnya memilih ruang usaha kecil yang bisa dimiliki. Inilah yang menumbuhkan ruang-ruang perkantoran skala kecil dengan sistem kepemilikan strata di Jakarta Barat. 

Tak heran, Ciputra International membangun 10 menara, yang terdiri dari apartemen, hotel dan enam perkantoran. Puri Indah CBD juga dikembangkan oleh Pondok Indah Group dengan tujuh menara perkantoran. Sementara, St Moritz Penthouses and Residences di atas lahan seluas 15 hektar membangun 17 gedung pencakar langit di Jakarta Barat, yang terdiri atas perkantoran, hotel dan apartemen. 

Harga properti relatif lebih rendah dari Jakarta Selatan

Dengan berbagai prospek yang terus bertumbuh, meski standar kehidupan masyarakatnya masih cukup tinggi, harga properti di Jakarta Barat masih cenderung lebih rendah dibandingkan jika Anda membeli hunian di Jakarta Selatan

Problematika sistem pengairan wilayah dan sulitnya akses sempat menjadi momok di area ini. Namun, seiring pertumbuhan infrastruktur dan kemudahan akses mobilisasi masyarakat, jangan heran apabila nilai properti di Jakarta Barat segera meroket. 

Jadi, masih tergiur beli hunian di Jakarta Selatan? Segeralah ambil peluang dan mulai pilih langkah investasi properti yang tepat di Jakarta Barat.

MARKETEERS X








To Top