Investree dan eFishery Distribusikan Rp 30 Miliar Pembiayaan Budidaya Ikan

profile photo reporter Annisa Bella Syana.S.
AnnisaBella Syana.S.
25 Oktober 2020
marketeers article
Fintech lending Investree bermitra dengan eFishery mendistribusikan pendanaan mencapai Rp 30 miliar untuk para pembudidaya ikan di Indonesia. Kolaborasi ini merupakan bagian dari faslitias pembiayaan yang dimiliki eFishery, yakni eFisheryFund.
Pada fase pertama kolaborasi ini, Investree akan mendukung program Kasih Bayar Nanti (Kabayan) dari eFisheryFund.
“Fitur Kabayan berupa program cicilan yang dapat dimanfaatkan oleh para mitra atau pembudidaya untuk memperoleh produk eFishery seperti auto-feederdan pakan ikan,” jelas CEO & Co-Founder eFishery Gibran Huzaifah di Bandung, Rabu (21/10/2020).
Pinjaman ini akan disalurkan kepada mitra-mitra eFishery (pembudidaya, agen, dan konsumen business-to-business). Gibran menjelaskan, pembudidaya dapat mengajukan pinjaman melalui platform digital eFisheryFund, lalu Tim eFishery akan menilai dan menentukan apakah mereka memenuhi syarat dan kriteria untuk memperoleh pembiayaan.
Hasil penilaian ini kemudian diajukan kepada Investree untuk kembali diverifikasi sesuai sistem credit scoring Investree. Jika pembudidaya dinyatakan lolos proses verifikasi oleh Investree, maka menyalurkan pembiayaan pun dapat dicairkan dalam bentuk produk-produk eFishery. 
Terdapat dua jenis skema pembiayaan yang tersedia, yakni konvensional dan syariah. Peminjam dapat memilih jenis pembiayaan sesuai dengan preferensi mereka.
Untuk menjaga kualitas pembiayaannya, Investree dan eFishery menerapkan uji kelayakan dan sistem credit-scoring yang ketat dan kuat dengan melihat data dari IoT eFishery serta melakukan pengecekan silang terhadap data sesungguhnya di lapangan. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 500 pembudidaya di eFishery yang didukung oleh eFisheryFund. 
“Kami sangat antusias menyambut kolaborasi ini karena ini merupakan sesuatu yang baru bagi kami. Mengingat, portofolio pinjaman terbesar Investree selama ini adalah industri kreatif. Ini juga menjadi salah satu bentuk inovasi Investree yang kami luncurkan memasuki usia perjalanan ke-lima dengan kampanye GrowFa5ter. Kami ingin menumbuhkan Usaha Kecil dan Menengah secara lebih cepat dan berkualitas,” terang Co-Founder & CEO Investree Adrian Gunadi.

Related