Jalankan Green Policy, WIKA Beton Lakukan Kegiatan Konservasi

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
02 Agustus 2022
marketeers article
WIKA Beton lakukan kegiatan konservasi di Pulau Pari (Sumber: WIKA Beton)
PT Wijaya Karya Beton Tbk (WIKA Beton) menyelenggarakan kegiatan pelestarian bertajuk WTON Save Ecosystem dan WTON Jendela Dunia. Kegiatan tersebut menjadi bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan WIKA Beton, khususnya dalam upaya konservasi keanekaragaman hayati.
Diadakannya kegiatan pelestarian tersebut dilatarbelakangi oleh masifnya pembangunan infrastruktur di Indonesia. Sehingga, diperlukan langkah-langkah perlindungan terhadap sumber daya alam untuk mengimbangi pembangunan agar alam tetap lestari. 
“Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur dan konstruksi tanah air, keseimbangan bisnis yang mendukung pembangunan berkelanjutan menjadi salah satu fokus utama WIKA Beton. Kegiatan ini menjadi wujud upaya kami dalam mengimplementasikan green factory,” ujar Yuherni Sisdwi Rachmawati, Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya Beton Tbk dalam keterangan tertulis perusahaan. 
Kegiatan WTON Save Ecosystem dan WTON Jendela Dunia dilaksanakan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta. Dalam kegiatan WTON Save Ecosystem, WIKA Beton berkolaborasi dengan komunitas Jakarta Mengabdi untuk melakukan penanaman 500 bibit mangrove di bibir Pantai Rengge, Pulau Pari. WIKA Beton juga melakukan beautifikasi tempat sampah yang tersedia di area tersebut. Tak hanya itu, WIKA Beton juga melepas 500 ekor ikan nemo dan menanam 100 bibit terumbu karang di lepas pantai Pulau Pari. 
Pada kesempatan yang sama, WIKA Beton juga turut mendukung pemerataan edukasi bagi anak-anak melalui kegiatan WTON Jendala Dunia dengan menyerahkan beasiswa Ruangguru kepada siswa terpilih di kelas 6 dan kelas 9 dari SD dan SMP Negeri Satu Atap 01 Pulau Pari. Terdapat pula bantuan sejumlah tas sekolah dan makanan ringan untuk siswa sekolah. 
Selain menyasar sekolah, WIKA Beton juga menyentuh taman baca di Pulau Pari. Terdapat 380 buku bacaan, 270 buah Iqra dan Al-Quran, sejumlah poster pendidikan, dan empat rak buku besi yang disebar ke empat titik di Pulau Pari.
“Kedua kegiatan yang dilaksanakan ini berpilar pada WTON Peduli dan WTON Pintar. Program ini didukung penuh oleh tim manajemen WIKA Beton yang berkomitmen untuk selalu menjalankan green policy di dalam seluruh proses produksi,” tutur Yuherni.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related