Jangkau Audiens Lebih Besar lewat Strategi Above-the-Line

marketeers article
Jangkau Audiens Lebih Besar lewat Strategi Above-the-Line. (123rf.com)

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, strategi pemasaran menjadi kunci utama untuk membangun merek dan menjangkau target pasar. Salah satu strategi yang sering digunakan adalah Above-the-Line (ATL). 

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan ATL? Dilansir dari blendcommerce, Above-the-Line adalah jenis strategi pemasaran yang berfokus pada promosi melalui media massa, seperti televisi, radio, koran, dan majalah. 

Tujuannya adalah untuk menciptakan kesadaran merek yang luas dan menjangkau audiens yang lebih besar. Dengan demikian, ATL memungkinkan perusahaan untuk mengomunikasikan pesan mereka kepada publik secara massal. 

Salah satu keuntungan utama dari ATL adalah eksposur yang luas. Melalui iklan di media massa, perusahaan dapat mencapai ribuan bahkan jutaan orang dalam satu waktu.

Ini membantu memperluas jangkauan merek dan meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun ATL dapat memberikan eksposur yang besar, itu juga dapat menjadi investasi yang mahal.

BACA JUGA: Tangcity Superblock Usung Seasonal Marketing lewat Festival Umami Eats

Biaya iklan di media massa sering kali tinggi, dan hasilnya tidak selalu langsung terukur. Sebab itu, perusahaan perlu mempertimbangkan dengan cermat apakah ATL adalah strategi yang tepat untuk merek dan tujuan pemasaran.

Selain itu, efektivitas ATL dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk kreativitas iklan, penempatan waktu dan lokasi, serta kesesuaian dengan target pasar. Perusahaan perlu melakukan riset pasar yang mendalam dan merancang kampanye ATL yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Meskipun ATL bisa menjadi investasi yang mahal, ada banyak cara untuk mengoptimalkannya. Dengan menggabungkan iklan ATL dengan strategi pemasaran digital, misalnya, perusahaan dapat menciptakan pengalaman pemasaran yang menyatu dan memperluas jangkauan merek mereka secara lebih efisien.

BACA JUGA: HK: Kejar Target Keberlanjutan, Demarketing Bakal Jadi Tren Pemasaran

Kesimpulannya, Above-the-Line adalah salah satu strategi pemasaran yang paling menarik dan efektif di dunia bisnis. Dengan memahami konsep ini dan menerapkannya dengan bijak, perusahaan dapat memanfaatkan potensi penuhnya untuk membangun merek yang kuat dan mencapai kesuksesan yang berkelanjutan.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related