JD.com Kenalkan Teknologi Robotik untuk Pusat Logistik

profile photo reporter Dyandramitha Alessandrina
DyandramithaAlessandrina
25 Agustus 2021
marketeers article
June 22, 2019 Mountain View / CA / USA JD.com sign displayed at the entrance to the Silicon Valley office; JD.com, also known as Jingdong and formerly called 360buy, is a Chinese e-commerce company

Pandemi COVID-19 membuat seluruh aktivitas masyarakat yang harus dilakukan di luar rumah menjadi terbatas. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang menggunakan platform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya agar mereka tidak perlu keluar dari rumah. Melonjaknya pesanan online membuat perusahaan e-commerce harus memikirkan kembali strategi dan inovasi yang tepat agar bisa melayani masyarakat dengan cepat dan efisien.

Menjawab hal tersebut, baru-baru ini, salah satu platform e-commerce di Indonesia, JD.ID yang berafiliasi dengan JD.com memperkenalkan pusat logistik otomatis milik perusahaan JD Asia No.1 di Beijing, China. Fasilitas ini mengadopsi teknologi otomatisasi dan robot, JD.ID dapat memenuhi lebih dari 90% pesanan dari lebih dari 500 juta pelanggan hanya dalam waktu 24 jam.

Yuchuan Wang, Senior Manager of Global Corporate Affair JD.com mengatakan bahwa Pusat logistik JD Asia No.1 Beijing adalah contoh utama dari otomotisasi di tempat kerja. Pusat yang dioperasikan sejak tahun 2017 ini mampu menangani ratusan ribu pesanan per hari berkat inovasi sistem yang dimiliki perusahaan

“Pusat logistik JD Asia No.1 di Beijing memiliki luas lebih dari 120.000 meter persegi, dan mampu menangani sebanyak 800.000 pesanan per hari berkat inovasi sistem 19-storey shuttle untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan. Inovasi lainnya adalah Automated Ground Vehicle (AGVs) yang digunakan untuk membantu alur ekspedisi dengan menyortir pesanan dan mengantarkan ke petugas kemasan, serta penyortiran otomatis berkecepatan tinggi,” jelas Yuchuan.

Selanjutnya, Sendy Sopacua, Head of Warehouse JD.ID turut menyampaikan bahwa sejak JD.ID resmi hadir di Indonesia tahun 2015 lalu, JD.ID juga menerapkan sistem logistik yang dilakukan JD.com. Mulai dari gudang penyimpanan hingga transportasi nya yang canggih menjadikan JD.ID sebagai pelopor sistem pengiriman 24 jam di Asia Tenggara.

“JD.ID memiliki 13 warehouse yang berlokasi di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan memanfaatkan armada logistik milik sendiri serta didukung oleh jaringan mitra di seluruh Indonesia, JD.ID dapat menyediakan layanan antar yang cepat dan dapat di andalkan di seluruh wilayah Indonesia dengan jangkauan 365 kota, yang mana 85% pesanan mampu memenuhi target 24 jam pengiriman.” kata Sendy.

Terakhir, Barry Lim, CEO PT Jaya Ekspress Trasindo (JX) menyampaikan bahwa seluruh pelayanan sistem logistic JD.ID ditangani oleh J-Express (JX) sebagai partner logistik sekaligus sister company dari JD.ID. Adanya kemitraan ini  merupakan komitmen JX untuk dapat memberikan layanan andal, cepat, dan aman kepada pelanggan di seluruh Indonesia.

“Dengan dukungan lebih dari 250 moda transportasi dan lebih dari 3.000 tenaga pengantaran, kami berharap untuk dapat memberikan pelayanan maksimal dan tepat waktu secara cepat. Bersama JD.ID, JX akan terus bergerak maju untuk memperluas pasar ke seluruh rantai solusi e-commerce,” tutup Barry.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Related