J&T Connect Preneur, Upaya J&T Express Kembangkan Bisnis UKM di Indonesia

marketeers article
Sesi Talkshow peluncuran J&T #JADIBISA. Sumber gambar: J&T Express.

Perusahaan logistik global, J&T Express menggelar program pemberdayaan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) bertajuk J&T Connect Preneur. Selain itu, perusahaan juga memperkenalkan kampanye #JADIBISA yang diusung sepanjang tahun 2024.

Herline Septia, Brand Manager J&T Express menjelaskan, program tersebut diselenggarakan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang kerap dihadapi UKM.

Berdasarkan laporan DSInnovate bertajuk MSME Empowerment Report 2022 yang dilakukan kepada 1.500 UMKM, kendala yang dialami oleh pelaku bisnis dalam mengembangkan UKM, meliputi product marketing, akses terhadap modal, pemenuhan kebutuhan akan bahan mentah, adopsi digital dan teknologi, proses transaksi, hingga cash flow management.

BACA JUGA: J&T Express Bangun Brand Association Lewat Big Bad Wolf Books 2024

Melalui J&T Connect Preneur, kata Herline, J&T Express akan berfokus pada pengembangan inkubasi berkenaan dengan konteks kendala tersebut. Program ini akan menjadi rangkaian yang terdiri dari beberapa program meliputi J&T Connect Preneur Tour di lima kota besar di Indonesia, seperti Bali, Surabaya, Semarang, Bandung, dan Jakarta.

Kemudian, ada pula kegiatan lain berupa J&T Connect Run, ajang lari umum kedua kali dari J&T yang sebagian dari keuntungannya akan didedikasikan untuk kemajuan UMKM lokal.

Lalu ditutup dengan J&T Connect Preneur Summit sebagai puncak acara. Dalam keseluruhan rangkaian, J&T Connect Preneur akan melibatkan lebih dari 4.000 partisipan.

BACA JUGA J&T Express: Digitalisasi Menggeser Perilaku Konsumen

“Ini merupakan gerakan inspirasi masyarakat untuk memaksimalkan potensi dan kualitas diri melebihi batas. Kami juga mendorong setiap orang untuk dapat mengejar dan mencapai mimpi mereka dan berharap masyarakat dapat merasakan manfaat dari inisiatif kami di bawah semangat #JADIBISA,” kata Herline dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Untuk menyukseskan program ini, J&T Express menggandeng kerja sama dengan Rumah BUMN yang telah membina lebih dari 600 ribu UKM di seluruh Indonesia. Dipilihnya Rumah BUMN sebagai mitra dalam program ini lantaran adanya kesamaan visi dan misi dengan perusahaan.

“Rumah BUMN hadir untuk merespons giatnya pertumbuhan UMKM yang ada dan sekaligus menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk belajar, sharing, dan bertumbuh bersama. Hal ini kami temukan juga dalam J&T Connect Preneur yang dicetuskan oleh J&T Express. Kami berharap, hasil dari kolaborasi kami membuahkan hasil yang maksimal dan menjangkau banyak pihak,” ujar Tri Adhi Tanuwidjaya, Chief Executive Officer (CEO) Rumah BUMN Jakarta.

Related